Bagaimana Kacamata Pintar Google Dikendalikan?

Kompas.com - 31/05/2012, 11:10 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com — Ketika Google mengumumkan proyek kacamata pintar bertajuk Google Project Glass pada April 2012, banyak pihak bertanya-tanya bagaimana cara mengoperasikannya. Hingga kini, pihak Google belum menginformasikannya secara resmi.

Namun, sedikit petunjuk hadir dari video hasil wawancara di tayangan Current TV, antara mantan Wali Kota San Francisco Gavin Newsom dengan pendiri Google, Sergey Brin, yang membawa prototipe kacamata pintar.

Pada kesempatan itu, Brin menunjukkan salah satu kemampuan kacamata dengan mengambil foto Newsom. Kemudian Brin meletakkan jarinya ke bagian kanan kacamata, melakukan penggeseran, yang kemungkinan besar ia sedang membuka hasil foto di galeri. Tombol itu berupa trackpad yang bisa dinavigasikan dengan cara menggeser ke kanan-kiri dan atas-bawah.

Brin kemudian mempersilakan Newsom menjajal kacamata pintar. "Jangan sentuh pad (tombol) yang di samping," pinta Brin kepada Newsom.

Newsom menjadi orang pertama di luar Google yang merasakan sensasi kacamata pintar. "Gambar itu sangat jelas. Anda dengan mudah melupakan bahwa sedang memakai kacamata, dan akan merasakan kekuatannya di masa depan," tukas Newsom kepada situs teknologi Wired.

Satu petunjuk tentang cara menavigasikan kacamata Google sudah terungkap, tetapi rahasia tentang cara mengambil foto atau navigasi lain dengan gerakan mata hingga kini belum terungkap. Newsom telah menanyakan hal itu, tetapi sayangnya, Brin tidak menanggapi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.