Tips Sukses Bisnis Startup dari Miliuner Silicon Valley

Kompas.com - 07/06/2012, 17:51 WIB
EditorReza Wahyudi

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak pebisnis internet sukses berasal dari Silicon Valley. Salah satunya adalah Tom Clayton yang merupakan CEO dan Presiden dari perusahaan Bubble Motion.

Tom Clayton menyempatkan diri datang ke Jakarta dan berbagi rahasia kesuksesannya dalam acara Startup Asia Jakarta 2012.


Startup Asia Jakarta 2012 merupakan ajang konferensi untuk startup digelar oleh TechinAsia di Jakarta, pada 7 dan 8 Juni 2012 bertempat di Annex Building komplek Wisma Nusantara, seputar Bundaran Hotel Indonesia .

Hal pertama yang penting dalam membangun bisnis adalah bagaimana cara mengumpulkan dana dari investor. Mengenai itu, Tom punya beberapa tips yang diperoleh dari pengalamannya jatuh-bangun mengembangkan bisnis startup.

Pertama, carilah uang saat Anda sedang tidak memerlukannya. "Seperti pacar saja, carilah ketika Anda sedang tidak butuh. Ketika Anda butuh nantinya, Anda tak akan perlu mencari lagi. Ini lebih mudah ketimbang berusaha mencari saat Anda sedang terdesak kebutuhan," katanya menjelaskan alasan.

Tips kedua, tarik satu investor dan yang lainnya akan mengikuti. Menurut Clayton, para investor besar memiliki "herd mentality" dan sangat kompetitif antara satu dan yang lainnya. "Artinya, begitu Anda berhasil menarik satu investor, yang lainnya akan segera datang mendekati Anda," tandas Tom.

Ketiga, carilah brand yang lebih besar terlebih dahulu. "Bisa dapat dana lebih besar, tapi Anda harus meyakinkan," katanya.

Tips keempat dari Clayton adalah jangan terlalu banyak keluarkan dana, begitu berhasil didapat. Tom mengatakan bahwa menghemat dana tidak kalah penting dengan usaha mendapatkannya. "Supaya cadangan modal tetap terjaga."

Tentang model bisnisnya sendiri, Tom menyarankan para startup untuk fokus pada satu jenis produk layanan saja. "Lebih baik bagus pada satu hal daripada bisa melakukan banyak tapi biasa-biasa saja. Pokoknya keep it simple," jelas Tom.

Satu hal lain yang bisa membantu adalah keunikan jenis produk atau layanan. "Banyak dari mereka yang sukses adalah para startup yang mengembangkan ide-ide original, bukan sekadar copycat," ungkapnya. Keunikan ini bisa membuat suatu perusahaan menjadi menonjol dan berbeda dibanding lainnya.

Terakhir, Clayton mengatakan, "Jangan takut gagal meski mengalami keadaan sulit, percayalah bahwa hari esok akan lebih baik dari hari ini."

Tom Clayton memulai dan memiliki beberapa bisnis startup. Sekarang dia menjalankan situs layanan social messaging service berbasis SMS Bubbly lewat Bubble Motion yang didukung sejumlah investor termasuk Sequioa Capital, Singtel, dan Innov8.   

Saat ini Bubbly memiliki 17 juta registered user dengan 4 juta pengguna aktif di Indonesia. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.