Lewat Biografi Sukarno, Developer Indonesia Sukses di iPhone

Kompas.com - 06/07/2012, 07:02 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

Penulis: Firman Nugraha*

Beberapa waktu lalu saya bertemu dengan Eduardus Christmas dari PT Enervolution yang fokus membuat produk aplikasi mobile di platform iOS. Salah satu aplikasi yang ia tunjukkan ke saya cukup menarik perhatian saya, yaitu aplikasi biografi Sukarno, presiden pertama Indonesia.

Yang unik adalah aplikasi ini menggambarkan secara detail tentang Sukarno bahkan hingga pidato-pidato Sukarno secara audio pun ada dan aplikasinya resmi bekerja sama dengan yayasan yang menaungi segala macam hal tentang Sukarno.

Yang menarik lagi adalah saat ini aplikasi Sukarno sudah bertengger di jajaran “Top Paid iPhone Apps” di App Store semenjak beberapa waktu lalu. Aplikasinya saat ini dijual seharga $1,99.

Dan berdasarkan perbincangan saya dengan Eduardus, semenjak aplikasinya berada di jajaran “Top Paid iPhone Apps”, penjualan aplikasinya meningkat hingga berkali kali lipat.

Aplikasinya sendiri didesain dengan bagus yang menampilkan biografi Sukarno yang tidak hanya teks saja, melainkan juga ada audio, video, dan gambar tentang Sukarno.

Selain itu juga ditampilkan timeline Sukarno selama masih hidup dan yang menarik adalah terdapat video ekslusif tentang Sukarno di aplikasi tersebut.

Untuk menarik banyak pengguna, Enervolution sengaja merilis aplikasi ini di pertengahan bulan Juni 2012 kemarin karena Sukarno lahir dan meninggal di bulan Juni. Rencananya ke depan Enervolution akan melakukan berbagai macam strategi pemasaran untuk mempromosikan aplikasi ini.

Menurut saya jika aplikasi ini bisa bekerja sama dengan tempat perkuliahan atau sekolah mungkin akan lebih bagus karena aplikasinya akan sangat berguna untuk dunia pendidikan.

Saya sendiri menyukai aplikasi ini karena saya juga peminat biografi-biografi lengkap tentang orang-orang berpengaruh. Selain Sukarno, Enervolution juga membuat aplikasi-aplikasi biografi resmi dari orang-orang berpengaruh lainnya seperti Farah Quinn, Ananda Sukarlan, Jimly Asshiddiqie, dan banyak lainnya.

Untuk melihat detail atau membeli aplikasi ini bisa mengunjungi halaman aplikasi Sukarno di App Store. (Tekno Jurnal)

*Firman Nugraha adalah co-founder, lead editor, dan writer di situs teknologi Tekno Jurnal.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.