Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Lebaran, Pemerintah Evaluasi Stok Pangan

Kompas.com - 10/07/2012, 15:59 WIB
Christoporus Wahyu Haryo P

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Pertanian Suswono menyatakan, pemerintah akan segera mengevaluasi stok pangan menjelang Lebaran. Hal itu dilakukan untuk memastikan ketersediaannya, khususnya untuk tiga komoditas utama, yakni beras, daging, dan gula.

"Sejauh ini belum ada masalah (ketersediaan pangan), tetapi hal ini akan dievaluasi minggu depan dalam rapat Menteri Koordinator Bidang Pperekonomian," kata Suswono, Selasa (10/7/2012), seusai upacara penyambutan Kanselir Jerman Angela Merkel.

Sebelumnya, pemerintah memastikan, pasokan gas untuk memenuhi lonjakan kebutuhan gas dalam negeri menjelang Lebaran mencukupi.  "Pasokannya kami siapkan. Tahun lalu juga cukup. Jumlahnya sekarang juga cukup," kata Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Jero Wacik, Jumat (6/7/2012), seusai rapat kabinet terbatas di Istana Negara.

Jero menyatakan, harga gas dalam negeri awalnya hendak dinaikkan. Namun, pemerintah menetapkan kenaikan itu ditunda hingga setelah Lebaran.

"Gas, kami menaikkan harganya nanti sesudah Lebaran biar menjelang Lebaran tidak terganggu. PGN (Perusahaan Gas Negara) sudah siapkan gasnya agar industri, terutama makanan dan minuman, bisa berproduksi dengan baik sehingga Lebaran ini kebutuhan makanan dan minuman bisa dipenuhi," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com