Kompas.com - 23/07/2012, 10:54 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Ketika mengumumkan pendapatannya hari Kamis (19/7/2012) lalu, AMD, produsen prosesor terbesar kedua di dunia, turut menyimpulkan beberapa hal yang kurang menyenangkan terkait pasar komputer pribadi (PC).

"Untuk pertama kalinya sejak 2001, pengiriman client PC mengalami penurunan selama tiga kuartal berurut-turut dan telah berada di bawah angka rata-rata dalam sejarah selama tujuh kuartal terakhir," ujar CEO AMD Rory Read, seperti dikutip oleh Cnet.

Read menambahkan bahwa pihaknya percaya industri PC akan menyentuh titik baseline baru yang lebih rendah.

Pendapatan perusahaan yang berbasis di Sunnyvale, California ini turun 10 persen menjadi 1,41 miliar dollar AS.

AMD, yang sensitif terhadap permintaan PC konsumer, juga mengatakan bahwa dari kuartal II ke kuartal III jumlah penjualan akan turun sebanyak 1 persen, plus atau minus 3 persen.

Angka itu sangat rendah dari catatan dalam sejarah AMD, yang menurut analis Northland Capital Markets Mike Burton selalu mencatat kenaikan penjualan rata-rata sebesar 14 persen dari kuartal II ke kuartal III selama sepuluh tahun terakhir,

Sementara itu, Intel, rival utama AMD, memiliki pandangan yang lebih positif.

Awal minggu ini CEO Paul Otellini mengatakan bahwa Intel memprediksi pendapatan sepanjang tahun (full year revenue) perusahaan tersebut hanya akan mengalami pertumbuhan sebayak 3-5 persen, berbeda dari prediksi sebelumnya yang berada pada "angka satu digit bilangan besar".

Ini mungkin pertanda bahwa era PC akan segera lewat. Analis pasar Gartner minggu lalu mengatakan bahwa konsumen kehilangan ketertarikan untuk belanja PC dan lebih suka mengejar smartphone dan perangkat tablet terbaru.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.