Satelit Telkom-3 Gagal Capai Orbit

Kompas.com - 08/08/2012, 03:05 WIB
Editor

MOSKWA, SELASA - Roket Proton-M gagal mengantarkan satelit Telkom-3 dan Express MD-2 ke orbit. Satelit telekomunikasi milik Indonesia dan Rusia itu dinyatakan hilang. Kegagalan diduga karena roket pendorong bagian atas menyala terlalu singkat.

Roket pendorong beserta satelit diluncurkan dari pusat antariksa Rusia di Baikonur, Kazakhstan, Senin (6/8) malam atau Selasa dini hari WIB. Dengan sistem orbit geostasioner, satelit akan ditempatkan di ketinggian 36.000 kilometer dari muka Bumi.

Badan Antariksa Rusia, Roscosmos, menyatakan, kegagalan disebabkan roket pendorong tahap akhir (Briz-M) hanya menyala 7 menit. Seharusnya Briz-M menyala 18 menit 5 detik untuk mencapai orbit yang diinginkan.

”Tak ada peluang bagi satelit berpisah dengan roket pendorongnya dan masuk ke orbit tujuan,” tutur sumber pada industri antariksa Rusia kepada kantor berita RIA Novosti.

Akibat insiden ini, Telkom-3 dan Express MD-2 hanya akan mencapai orbit rendah dan tak bisa diselamatkan lagi.

Peristiwa ini menambah panjang daftar kegagalan peluncuran wahana antariksa Rusia dan meningkatkan keraguan atas keandalan roket-roketnya. Padahal, Rusia adalah pionir industri antariksa dan menguasai 40 persen pasar peluncuran satelit global.

Daftar kegagalan itu, antara lain, hilangnya 3 satelit navigasi Rusia pada Desember 2010, 1 satelit militer (Februari 2011), dan satelit telekomunikasi Express AM-4 (Agustus 2011).

Tahun lalu roket pembawa pasokan logistik untuk Stasiun Ruang Angkasa Internasional (ISS) juga gagal. Paling dramatis adalah jatuhnya Phobos-Grunt (Desember 2011), wahana untuk meneliti tanah Phobos, satelit Planet Mars.

Rp 2 triliun

Telkom-3 adalah satelit milik PT Telkom untuk pengembangan bisnis jasa satelit di Indonesia. NASA Spaceflight menyebut investasi satelit ini 200 juta dollar AS atau hampir Rp 2 triliun.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.