Kompas.com - 10/08/2012, 08:17 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

KOMPAS.com - Nama baik Samsung tercoreng lantaran mitra kerjanya di China, yang membuat beberapa perangkat elektronik, mempekerjakan anak di bawah umur.

Nama perusahaan itu adalah HEG Electronics yang berbasis di Huizhou, China.

Investigasi pada Juni dan Juli lalu oleh kelompok aktivis buruh China Labor Watch, mencatat, ada 16 pekerja di bawah umur. Mereka dituntut bekerja seperti orang dewasa, namun hanya dibayar 70% dari total gaji pekerja dewasa.

Di luar 8 jam kerja, mereka diwajibkan mengambil lembur antara 3 sampai 5 jam setiap hari. Buruh yang bekerja pada shift malam, hanya diberi waktu 40 menit untuk istirahat makan.

"Perusahaan jelas telah melanggar undang-undang ketenagakerjaan China," tegas juru bicara China Labor Watch, seperti dikutip dari Bloomberg, Selasa (7/8/2012).

Pabrik ini memproduksi ponsel dan DVD player dari Samsung.

Menanggapi isu tersebut, Samsung berencana melakukan pemeriksaan lagi di pabrik itu.

"Kami akan mensurvei ke lokasi secepat mungkin untuk memastikan pemeriksaan kami sebelumnya, yang didasarkan pada informasi lengkap, dan agar secepatnya mengambil langkah untuk mengatasi masalah," ujar Samsung dalam sebuah pernyataan.

Sebelumnya, pihak Samsung mengaku telah melakukan peninjauan ke pabrik HEG Electronics tahun ini, namun tak menemukan kasus seperti demikian.

China Labor Watch belum melaporkan kasus ini ke biro keamanan publik atau badan pemerintah lainnya. "Yang kami inginkan, dan yang terpenting, adalah anak-anak bisa kembali ke sekolah," demikian harapan China Labor Watch.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.