Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toshiba C800D, Notebook Entry-Level dengan Grafis Radeon

Kompas.com - 06/09/2012, 21:19 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com -
AMD Indonesia semakin gencar mempromosikan produk-produk prosesor mobile. Salah satu produk baru yang memakai prosesor buatan pabrikan ini adalah Toshiba yang mengusung APU (Accelerated Processing Unit, sebutan AMD untuk prosesor yang menggabungkan inti CPU dengan pengolah grafis) E1-1200 dalam notebook entry-level Satellite C800D.

Dibanderol dengan harga kisaran Rp 3,7 juta (tanpa OS) ini disebut pihak distributor Toshiba PT Techking Enterprises Indonesia sebagai salah satu produk yang berkontribusi besar pada volume penjualan notebook Toshiba.

"Sejak Juli hingga Agustus kemarin, Satellite C800D menyumbang 20 persen dari penjualan laptop. Padahal kami punya 32 SKU (tipe) notebook dan ini hanya salah satunya," jelas Gunawan Nugroho, Presdir PT Techking Enterprises Indonesia di Jakarta, Kamis (6/8/2012) kemarin.

 


toshiba_c800d_launching-1-2
Toshiba Satellite C800D (oik yusuf/ kompas.com)

Satellite C800D merupakan satu-satunya notebook Toshiba dengan prosesor AMD yang didistribusikan oleh Techking.

Dia menambahkan, Techking akan meningkatkan kontribusi laptop AMD terhadap penjualan hingga 30 persen pada akhir tahun ini, tanpa merinci angka yang ditargetkan.

AMD mengalami peningkatan pangsa di pasaran notebook Indonesia. Data dari lembaga riset GFK menyebutkan, sejak Januari hingga Juni 2012, penjualan notebook dengan prosesor AMD naik dari 16,1 persen menjadi 21,6 persen dari total penjualan notebook di Indonesia

Menurut Country Head AMD Indonesia Hermawan Sutanto, dibanding kompetitornya, prosesor-prosesor mobile AMD menawarkan kelebihan dari segi pengolah grafis yang tertanam di dalamnya. "Menggunakan arsitektur chip Radeon yang telah dua kali berhasil memenangkan penghargaan di pameran Computex dan juga dipakai di console Xbox 360 dan Nintendo Wii," ujarnya.

Satellite C800D sendiri adalah notebook entry-level yang diperkuat RAM 2GB, pengolah grafis Radeon HD 7310, dan hard disk 320 GB. Menurut Marketing Communication Manager PT Toshiba Visual Media Network Indonesia Devi Yosita,  produk ini membidik segmen pasar pengguna pemula dan kalangan muda, termasuk pelajar dan mahasiswa. "Harganya terjangkau tapi tak mengorbankan fitur," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com