Kompas.com - 10/09/2012, 10:36 WIB
EditorReza Wahyudi

INSTAGRAM

KOMPAS.com - Facebook akhirnya selesai merampungkan akusisisi atas Instagram. Akan tetapi, nilai akhir akuisisi ini telah berkurang dari angka 1 miliar dollar AS (sekitar Rp 9 triliun) pada awal pengumuman akuisisi April lalu.

Seperti dikutip dari ZDNet, sebabnya tak lain adalah harga saham Facebook yang terus turun dan metode pembayaran yang ditawarkan perusahaan situs jejaring sosial ini untuk membeli Instagram dalam bentuk uang sebesar 300 juta dollar AS dan 23 juta lembar saham.

Apabila akuisisi tersebut rampung pada kuartal kedua tahun ini seperti dijadwalkan sebelumnnya, nilai perjanjian bisa melambung menjadi 1,18 miliar dollar AS karena saham IPO Facebook ditawarkan dengan harga perdana 38,23 dollar AS per lembar.

Namun, pada 31 Agustus lalu ketika akuisisi dirampungkan, nilai saham Facebook sudah anjlok menjadi 18,06 dollar AS per lembar.

Nilai perjanjian akuisisi dengan Instagram pun ikut turun ke angka 715 juta dollar AS, dari seharusnya 1 miliar dollar AS.

Beberapa hari setelahnya, pada 4 September, saham Facebook menyentuh titik terendah 17,73 dollar AS per lembar.

Tim Instagram yang baru saja merayakan foto ke-5 miliar yang diunggah melalui aplikasinya akan segera pindah ke kantor Facebook.

Dalam sebuah blog, tim Instagram mengumumkan pada pengguna bahwa aplikasi Instagram berikut fitur-fiturnya akan tetap sama seperti sebelumnya.

Wakil Presiden bidang Teknis Facebook Mike Schroepfer menyambut kedatangan Instagram. "Instagram akan terus melayani komunitasnya, dan kami akan membantu Instagram terus tumbuh dengan tim teknis dan infrastruktur Facebook yang kuat. Kami tak sabar untuk bisa segera bekerja dengan para anggota tim Instagram yang berbakat untuk meningkatkan pengalaman mobile, ujar Schroepfer dalam sebuah pernyataan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.