Kompas.com - 24/09/2012, 09:42 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

KOMPAS.com — Layanan peta digital Apple Maps di iPhone 5 tidak mendapat sambutan positif dari penggunanya. Kekurangan ini dimanfaatkan Motorola Mobility—dan Google—untuk mengolok-olok Apple Maps.

Motorola Mobility, yang tak lain adalah unit bisnis smartphone Google, membuat iklan promosi Motorola Droid Razr M yang dipublikasi lewat Twitter, Jumat (21/9/2012). Judul iklan ini berbunyi "The real world that's fit for your hand (Dunia nyata yang cocok untuk tangan Anda)".

Di sana terlihat Droid Razr M sedang membuka aplikasi Google Maps yang menampilkan gambar rinci perspektif satelit sebuah jalan di pusat kota Manhattan, AS. Di samping Droid Razr M, ada iPhone 5 yang membuka aplikasi Apple Maps dan menunjukkan jalan serupa, tetapi dalam perspektif standar.

Di bawah gambar iPhone 5, ada teks bertuliskan "#iLost".

Iklan promosi Motorola Droid Razr M yang mengejek aplikasi Apple Maps di iPhone 5

Seperti diketahui, Apple baru saja membuang aplikasi Google Maps dari sistem operasi iOS versi 6. Apple mengembangkan layanan peta digital sendiri bernama Apple Maps, yang dikerjakan bersama beberapa perusahaan yang bergerak di bidang peta digital dan navigasi.

Sayangnya, Apple Maps menuai banyak kritik pengguna perangkat mobile Apple yang telah melakukan update sistem operasi ke iOS 6. Layanan ini dinilai belum sedetail dan seakurat Google Maps.

Tak hanya Google Maps, Apple juga memutuskan membuang YouTube di iOS 6.

Pada 12 September 2012, Google telah merilis aplikasi mandiri YouTube untuk iOS di App Store. Sementara Google Maps untuk iOS hingga kini belum tersedia. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.