Kompas.com - 28/09/2012, 08:22 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

Screenshot game Bad Piggies dari Rovio

KOMPAS.com - Rovio, pengembang game yang lebih dikenal dengan seri Angry Birds, tanggal 27 September akhirnya merilis "spin-off" dari franchise fenomenalnya. Kali ini, justru kita memainkan karakter babi yang biasa menjadi tokoh antagonis dalam seri Angry Birds dalam game berjudul "Bad Piggies."

Permainan ini sudah bisa diunduh dari Google Play Store dengan gratis. Tersedia Bad Piggies HD untuk komputer tablet.

Bagi yang terlanjur sinis dengan seri ini barangkali harus mencoba gamenya terlebih dahulu untuk merasakan permainan yang benar-benar berbeda dengan pendahulunya. Meski kali ini kita memainkan sebagai karakter babi, Bad Piggies menerapkan gameplay yang jauh berbeda dari Angry Birds.


Jalan ceritanya masih memiliki benang merah, yakni kawanan babi yang berupaya mencari telur untuk dimakan dengan mengikuti selembar peta. Di tengah perjalanan, peta tersebut sobek sehingga mereka berupaya untuk mendapatkannya kembali.

Di sinilah letak perbedaannya. Bila Angry Birds bertujuan untuk menggasak seluruh babi yang ada di sebuah stage, Bad Piggies berupaya menjangkau potongan peta yang ada di setiap tingkatan. Tentunya tidak semudah yang diduga karena peta terdapat pada tempat yang sulit dijangkau sehingga mereka harus mencapainya dengan membuat peralatan.


Pada awal permainan, yang harus dilakukan adalah mendesain peralatan dengan bahan yang tersedia untuk dipakai sang babi ke peta. Tingkatan dengan medan yang bervariasi membutuhkan kendaraan dengan komposisi bahan yang berbeda pula.

Di tingkatan pertama, kita hanya membuat kendaraan luncur sederhana, tapi tingkat berikutnya sudah diperkenalkan dengan embusan untuk mendorong kendaraan. Tidak lama kemudian ada peralatan baru berupa kipas angin.


Permainan tidak segampang mencapai peta karena untuk mendapatkan nilai penuh harus memenuhi beberapa ketentuan. Misalnya bisa sampai di bawah waktu yang ditentukan atau tanpa menggunakan peralatan tertentu misalnya kipas, hingga tidak sampai ada benturan.

Bagi yang belum pernah mencoba game ini barangkali bisa berpikir ulang karena Bad Piggies memiliki pesona berbeda dengan Angry Birds.

Bad Piggies bisa diunduh lewat Google Play 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.