Kompas.com - 29/11/2012, 15:24 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

Samsung Samsung Ativ Smart PC memiliki bentuk fisik sama dengan Ativ Smart PC Pro. Tapi, Ativ Smart PC Pro dibekali spesifikasi perangkat keras lebih tinggi
JAKARTA, KOMPAS.com - Samsung telah memasarkan perangkat Ativ Smart PC di Indonesia pada 24 November 2012. Ia merupakan produk perpaduan tablet dan laptop (hybrid), tapi performanya sekelas dengan netbook.

Perangkat tablet bersistem operasi Windows 8 ini disertai dengan dock papan ketik (keyboard). Tabletnya sendiri berbobot 750 gram. Jika dibawa beserta dock keyboard-nya, maka bobot bertambah jadi 1,5kg.

Ativ Smart PC dibekali layar sentuh yang sensitif, berukuran 11,6 inci beresolusi 1.366 x 768 pixel. Layarnya didesain lebar dengan aspek rasio 16:9.

Tapi untuk melakukan aktivitas kerja, tentu lebih nikmat jika tablet tersebut dipasangkan ke dock keyboard. Jarak antar tombol-tombol keyboard didesain renggang. Daya pantulnya pun empuk, sehingga jemari terasa nyaman mengetik. Pun demikian dengan papan sentuh (trackpad) yang sensitif dan mendukung sentuhan lebih dari 1 jari, meski ukurannya tidak besar.

Keyboard dan trackpad Samsung Ativ Smart PC



Untuk membuka aplikasi atau berpindah jendela, komputer tablet ini dapat bekerja dengan gegas. Namun, ketika diajak membuka banyak aplikasi kelas berat, berselancar internet, memutar musik, ia nampak kewalahan. Maklum saja, prosesornya menggunakan Intel Atom Z2760 kecepatan 1,8GHz dan RAM 2GB.

Prosesor Intel Atom banyak digunakan di komputer jinjing netbook. Bagi Anda yang biasa bekerja dengan perangkat lunak kelas berat yang memakan banyak memori, prosesor Intel Atom belum tentu mampu mengakomodir kebutuhan itu. Komputer akan berjalan lambat jika Anda tetap memaksakannya.

Konektivitas

Kendati performanya sekelas dengan netbook, tapi Samsung membekali Ativ Smart PC dengan konektivitas cukup lengkap sehingga ada nilai tambah bagi pengguna yang memiliki mobilitas tinggi.

Sisi atas Samsung Ativ Smart PC, terdapat slot SIM card dan MicroSD

 

Selain itu, di sisi atas juga ada USB 2.0, microphone, jack audio 3,5mm, dan tombol power

Di Sisi atas terdapat slot kartu SIM, MicroSD, 1 buah USB 2.0, microphone, jack audio 3,5mm, tombol power, dan tombol untuk mengunci/membuka perputaran tampilan layar.

Sisi samping kiri Samsung Ativ Smart PC



Di samping kiri, terdapat tombol pengatur volume dan slot MicroHDMI. Samsung tak menyediakan port ethernet RJ45, karena sudah ada slot kartu SIM untuk koneksi internet 3G.

Bagian belakang Samsung Ativ Smart PC, dan tempat menyimpan pena stylus



Di bagian punggung tablet, yang diselimuti materi plastik, terdapat kamera 8MP dengan lampu kilat, serta ada tempat untuk menyimpan pena stylus di bagian belakang bawah.

Sementara di sisi bawah, terdapat port untuk mengisi daya baterai, dan tiga lubang yang berfungsi sebagai penopang serta penghubung antara tablet dengan dock keyboard. Begitu posisi tablet terpasang sempurna di dock keyboard, secara otomatis keyboard itu akan menyala.

Sekedar catatan, dock keyboard ini tidak menggunakan baterai. Dari pengamatan KompasTekno, dock keyboard Ativ Smart PC terasa kurang solid, agak tak sebanding dengan harganya yang cukup tinggi. Besar kemungkinan, Samsung mengejar bobot ringan, sehingga merancang keyboard tersebut dari materi plastik.

Sisi samping kiri dock keyboard Samsung Ativ Smart PC

Di dock keyboard itu sendiri, terdapat dua buah port USB 2.0 dan port pengisi daya baterai.
Ketika tablet terpasang dengan keyboard, dan daya baterainya sudah lemah, pengguna cukup menancapkan kabel alat pengisi daya baterai ke port yang tersedia di dock keyboard. Secara otomatis baterai tablet akan terisi.

Aplikasi bawaan dari Samsung

Untuk membedakan produknya dengan produk kompetitor, Samsung menyematkan Ativ Smart PC dengan perangkat lunak bawaan yang mendukung produktivitas. Pena stylus yang ada di Ativ Smart PC Pro, fungsinya dimaksimalkan untuk memakai aplikasi SNote, sebuah aplikasi yang sebelumnya hanya ada di perangkat Android Samsung keluarga Galaxy Note.

Selain itu, Samsung juga memberi aplikasi Evernote, Kindle, pemutar media multi media S Player, pesan instan ChatOn, Skype, antivirus Norton, dan kamus Merriam Webster.

Kamera

Ativ Smart PC dibekali kamera utama 8MP dengan lampu kilat. KompasTekno sempat memotret menggunakan tablet ini, tapi sebatas di dalam ruangan yang kekurangan cahaya sehingga hasilnya pun kurang maksimal. Berikut hasil jepretan kamera utamanya:

 


KompasTekno
juga sempat menjajal kamera depannya, berikut hasilnya:

Samsung mengklaim daya baterai Ativ Smart PC dapat bertahan hingga 13,5 jam. Jika digunakan untuk memutar video dapat bertahan 9 jam. Di Indonesia, perangkat ini dijual dengan harga Rp 9,4 juta.

Spesifikasi Samsung Ativ Smart PC

- Prosesor Intel Atom Z2760 1,8GHz
- RAM 2GB
- Sistem operasi Windows 8 32bit
- Layar 11,6 inci aspek rasio 16:9
- Resolusi layar 1.366 x 768 pixel
- Media penyimpanan data solid state drive (SSD) 128GB
- Pena stylus dan dock keyboard
- Konektivitas USB 2.0, microphone, speaker, jack audio 3,5mm, kartu SIM, MicroSD, MicroHDMI, Wi-Fi, Bluetooth,
- Dimensi tablet 304 x 189,4 x 9,9 mm
- Dimensi tablet dengan keyboard 304 x 189,4 x 19,9 mm
- Bobot tablet 750 gram
- Bobot tablet dengan keyboard 1,5 kg
- Kamera belakang 8MP dengan lampu kilat
- Kamera depan 2MP
- Daya tahan baterai diklaim 13,5 jam, untuk memutar video 9 jam
- Harga Rp 9,4 juta

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.