Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Telekomunikasi

Telkomsel Tambah 2.550 Menara BTS

Kompas.com - 12/12/2012, 21:29 WIB
Didit Putra Erlangga Rahardjo

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Pada tahun 2012, Telkomsel  telah merampungkan pembangunan 2.550 menara BTS (base transceiver station) di sepanjang wilayah Jabotabek dan Jabar dengan spesifikasi 2G maupun 3G. Mereka berharap bisa mendorong pertumbuhan konsumsi data di wilayah ini.

Sebanyak 2.550 menara baru itu terdiri dari 950 menara BTS untuk 2G dan 1.600 menara BTS untuk 3G. Dengan demikian, secara keseluruhan terdapat 19.000 lebih menara BTS yang terpasang di wilayah Jabotabek Jabar. Jumlah tersebut menjadi bagian dari 54.000 menara BTS yang dipasang Telkomsel di seluruh Indonesia.

"Jaringan pita lebar (broadband) bakal meningkatkan akses komunikasi data kecepatan tinggi di perkotaan besar," ujar Head of Area Jabotabek Jabar Group Telkomsel, Venusiana Papasi, saat ditemui di Bandung, Rabu (12/12/2012).

Venusiana menjelaskan bahwa pendapatan dari broadband menyumbang signifikan dalam pemasukan Telkomsel untuk tahun 2012. Dari Rp 44,5 miliar, seperempat disumbang dari belanja data para pengguna Telkomsel. Dengan angka tersebut, Venusiana juga optimistis bisa mendongkrak lagi di tahun mendatang hingga tumbuh 15 persen.

Disinggung mengenai peluang bisnis Telkomsel tahun 2013, Venusiana mengutarakan peluang yang terbuka lebar dari bisnis digital. Dia menyebut tumbuhnya pasar pelanggan non manusia alias mesin yang dipakai untuk anjungan tunai mandiri (ATM), maupun electronic data capture (EDC) yang kini mulai menggunakan kartu chip operator telekomunikasi ketimbang kabel.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com