Kompas.com - 20/12/2012, 14:21 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com — Salah satu petinggi Research in Motion (RIM) pernah mengklaim perangkat dengan sistem operasi BlackBerry 10 lebih baik dari iPhone 5 dan Galaxy S III.

Situs Gadget Masters, entah ingin membuktikan klaim tersebut, mencoba mengadu kemampuan browsing ponsel Blackberry 10 dengan iPhone 5 dan HTC 8X.

BlackBerry 10 sendiri baru akan diperkenalkan secara resmi oleh RIM pada 30 Januari mendatang. Namun, prototipe dari ponsel BlackBerry 10 tersebut sudah dibagikan ke beberapa pengembang aplikasi (developer) di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Pengujian yang dilakukan Gadget Masters pun menggunakan salah satu prototipe yang dibagikan RIM, yaitu BlackBerry Dev Alpha B.

Bagaimana hasil pengujian tersebut? Ponsel BB10 ternyata mampu mengungguli, baik iPhone 5 yang menggunakan iOS 6 maupun HTC 8X yang menggunakan Windows Phone 8.

Terlihat jelas saat pengujian, webkit berbasis BB10 mampu me-render halaman web lebih cepat dibanding dua perangkat pesaingnya tersebut.

Unggul dalam kecepatan mengakses halaman-halaman web memang belum bisa menyebut perangkat BlackBerry 10 sebagai yang terbaik. Namun, pengujian ini paling tidak dapat menunjukkan kemampuan BlackBerry 10. Apalagi perangkat BB10 yang diuji ini masih berupa produk prototipe, bukan versi finalnya.

Proses pengujian tersebut dapat disimak dari dua video di bawah ini. 

BlackBerry 10 vs HTC 8X

BlackBerry 10 vs iPhone 5

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.