Kompas.com - 21/12/2012, 14:56 WIB
EditorReza Wahyudi


KOMPAS.com - Samsung Display, anak perusahaan Samsung Electronics, dikabarkan bakal mempertontonkan sepasang layar fleksibel di pameran Consumer Electronic Show (CES) yang akan diadakan di Las Vegas, Amerika Serikat, pada awal Januari 2013.

Teknologi layar fleksibel ini menghasilkan jenis layar yang bisa dibengkokkan. Kelak, mungkin layar yang menggunakan teknologi tersebut akan dipakai di televisi-televisi atau smartphone di masa depan dengan konsep desain yang radikal.

Pengunjung pameran CES 2013 akan bisa menyaksikan sepasang panel display dari Samsung. Pertama adalah layar fleksibel berukuran 5,5 inci dengan resolusi 1280 x 720 (267ppi) yang diperuntukkan bagi smartphone. Selain itu, Samsung juga akan memamerkan layar berukuran sebesar 55 inci untuk televisi.

Menurut keterangan dari Samsung yang dikutip oleh Cnet, display fleksibel dari perusahaan itu bisa dibengkokkan tanpa patah, tetapi tak bisa digulung.

Selain membuat material utama dari layar fleksibel tersebut, penciptanya harus pula membikin panel touchscreen dan lapisan cover yang menjadi satu kesatuan pada layar.

Samsung sendiri telah mengembangkan layar fleksibel selama beberapa waktu. Pada pameran CES tahun 2011 lalu, produsen elektronik yang sedang naik daun ini mendemonstrasikan layar serupa yang berukuran lebih kecil, 4,5 inci, dengan kepadatan piksel 200 ppi.

Dengan model "layar bengkok" berukuran lebih besar yang akan dipamerkan di CES 2013 ini, Samsung tampaknya berusaha menjaga layar rancangannya agar tetap up-to-date dengan perkembangan tren mobile.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.