Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pekan Depan, Kopaja P20 dan S13 Bisa Masuk Busway Koridor I

Kompas.com - 08/01/2013, 15:31 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kopaja yang akan terintegrasi dengan Transjakarta akan diujicobakan di jalur bus Transjakarta Koridor I Blok M-Kota yang melewati Jalan Thamrin-Sudirman. Ujicoba tersebut rencananya akan dilaksanakan pekan depan, 15 Januari 2013.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo rencananya akan melihat efektivitas dari pengintegrasian Kopaja dengan Transjakarta tersebut. Menurutnya, setelah beberapa kali dilaksanakan, dampaknya baru akan terlihat dan Jokowi juga dapat memberikan komentar banyak.

"Nanti akan kelihatan plus minusnya, akan dilihat kalau sudah di lapangan. Kalau belum di lapangan dan belum dijalankan ya jangan dikomentari dulu," kata Jokowi di Balaikota Jakarta, Selasa (8/1/2012).

Jokowi pun mengatakan, dalam ujicoba tersebut, belum semua jalur Transjakarta yang dapat terintegrasi dengan Kopaja AC. Ujicoba itu akan dilaksanakan Jokowi di jalur Transjakarta koridor satu yaitu tujuan Blok M-Kota.

"Ini dicoba dulu yang di Sudiman-Thamrin Koridor I. Nanti di lapangan, saya ikuti dan saya cek," kata Jokowi.

Kopaja yang nanti bisa masuk ke jalur busway Koridor I adalah Kopaja trayek S13 (Ragunan-Grogol) dan P20 (Lebak Bulus-Senen). Kopaja dua trayek itu telah dilengkapi dengan adanya fasilitas seperti AC, Wi-Fi gratis, dan GPS (global positioning system). Tarif yang dikenakan sebesar Rp 5.000.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Udar Pristono mengatakan, pihaknya memulai mengubah bentuk pelayanan angkutan umum di Jakarta ini dengan mengintegrasikan angkutan umum reguler ke bus Transjakarta.

"Saat ini baru dua Kopaja yang sudah memiliki kesiapan ke arah itu. Operator bus tersebut telah memiliki 20 unit bus baru untuk masing-masing trayek yang akan masuk busway," kata Pristono.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com