Kompas.com - 09/01/2013, 11:51 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

The Verge Ponsel dengan sistem operasi Firefox OS

KOMPAS.com - Organisasi pengembang perangkat lunak Mozilla Foundation memamerkan ponsel pintar prototipe dengan sistem operasi Firefox OS, dalam pameran produk elektronik Consumer Electronics Show di Las Vegas, AS, Senin (7/1/2013).

Sekilas, tampilan antarmuka Firefox OS mirip dengan Android. Dalam keadaan terkunci ia menampilkan jam digital dan menu telepon, SMS, kontak, dan internet. Sedangkan tampilan home dipenuhi dengan ikon aplikasi dan menu berbentuk bulat. Di bagian bawah layar ada tombol home, menu, back, dan search.

The Verge Tampilan home Firefox OS


Tak seperti Android, sebagian besar aplikasi yang ditampilkan saat ini adalah bookmark dari situs web, yang sepenuhnya dibangun dengan bahasa pemrograman HTML5.

Namun, tak menutup kemungkinan banyak pengembang aplikasi yang akan membuat aplikasi untuk Firefox OS. Mozilla sendiri telah membuat toko aplikasi online Firefox Marketplace.

Kepada blog teknologi The Verge, Mozilla mengatakan bahwa saat waktu peluncuran nanti, Firefox OS sementara ditujukan untuk perangkat yang dibekali spesifikasi hardware rendah. Sementara ia dibatasi untuk prosesor single-core kecepatan 800MHz.

Organisasi asal Mountain View, AS, ini berharap produsen ZTE asal China akan merilis ponsel Firefox OS di negara maju dan berkembang pada akhir tahun 2013. Selain ZTE, TCL juga telah menyatakan kesiapannya memproduksi ponsel Firefox OS yang akan menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon.

Firefox OS akan menjadi ekosistem mobile yang sepenuhnya terbuka (open source). Firefox OS merupakan penamaan ulang dari proyek "Boot to Gecko" (B2G), yang pada mulanya juga proyek sistem operasi open source dari Mozilla. Proyek B2G diumumkan Mozilla pada 25 Juli 2011 lalu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.