Kompas.com - 11/02/2013, 11:30 WIB
Penulis Riana Afifah
|
EditorCaroline Damanik

JAKARTA, KOMPAS.com — Program Kelas Inspirasi pada tahun kedua telah memasuki masa pembekalan bagi 599 relawan pengajar dari kalangan profesional yang terpilih. Mereka siap berbuat sesuatu terhadap pendidikan Indonesia dan menggemakan semangat kepada para siswa sekolah dasar (SD) untuk berani mempunyai mimpi besar.

Ketua Yayasan Gerakan Indonesia Mengajar, Anies Baswedan, mengatakan bahwa kehadiran para profesional di dalam kelas tersebut bukan sekadar mengajar atau berbagi ilmu yang dimilikinya, melainkan untuk menginspirasi dan menumbuhkan mimpi dari profesi yang digeluti saat ini.

"Kegiatan ini bukan mengundang mereka semata-mata menjadi guru, tapi yang terpenting adalah kembali mendatangkan mimpi di ruang-ruang kelas," kata Anies saat hadir dalam pembekalan Kelas Inspirasi di Auditorium Gedung Indosat, Jakarta, Sabtu (9/2/2013).

Ia menjelaskan bahwa masa depan Indonesia berada di ruang-ruang kelas tersebut. Pasalnya, apa yang terpancar pada wajah-wajah anak Indonesia adalah pancaran masa depan negara yang terus berupaya untuk bangkit dan menjadi lebih baik. Salah satu langkahnya tentu saja melalui pendidikan.

"Kita semua ini adalah produk pendidikan. Pendidikanlah yang membuat kita jadi seperti ini dan terbuka berbagai kesempatan. Jadi, mari melakukan sesuatu dengan kembali ke tempat kita dulu dididik," jelas Anies.

"Inspirasi anak-anak dan buat mereka berani bermimpi. Think big, start small, act now. Jadi mulai sekarang berpikir besar, mulai dari yang kecil dan lakukan sekarang," imbuhnya.

Pada tahun ini, sebanyak 599 relawan pengajar dari kalangan pekerja profesional telah terpilih dari 1.158 pekerja profesional yang mendaftar. Selama sehari, para relawan ini akan menjadi guru di 58 SD negeri di Jakarta. Dalam kesempatan itu, mereka yang berasal dari berbagai profesi akan menjelaskan mengenai apa saja yang dilakukannya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jika tahun lalu hanya diselenggarakan di Jakarta maka pada tahun ini ada lima kota lain yang juga akan menjalankan program Kelas Inspirasi pada tanggal 20 Februari mendatang. Adapun kota tersebut adalah Bandung, Yogyakarta, Solo, Surabaya, dan Pekanbaru dengan jumlah total sekolah 122 SD.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.