Review: Keyboard Virtual BlackBerry Z10

Kompas.com - 12/02/2013, 11:23 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

JAKARTA, KOMPAS.com - Dari beberapa kelebihan dan kekurangan sistem operasi BlackBerry 10, fitur keyboard virtual adalah salah satu yang patut diacungi jempol. Ia sangat nyaman untuk dipakai mengetik.

Kenyamanan mengetik di BlackBerry Z10 sama dengan yang dirasakan KompasTekno saat mengetik di keyboard virtual iPhone. Pada kedua ponsel ini, Anda dapat mengetik cepat secara akurat, dengan tingkat meleset yang minimal.

Di keyboard virtual BlackBerry 10, jarak samping antar tombol terbilang rapat. Namun, BlackBerry memberi batas yang agak tebal antara jarak atas dan bawahnya.

Jika Anda perhatikan, tampilan maupun batas keyboard virtual ini mirip dengan keyboard fisik BlackBerry Q10, salah satu ponsel yang telah menggunakan sistem operasi BlackBerry 10. Jajaran keyboard dari ujung ke ujung didesain lurus, tak seperti tombol keyboard BlackBerry lawas yang didesain melengkung dari ujung ke ujung.

-------------------

Selain huruf, keyboard virtual di BlackBerry 10 juga menyediakan karakter atau simbol dan emoticon, untuk memperkaya pengalaman chatting.

Word Suggestions, memprediksi kata yang dipakai selanjutnya

Saat digunakan untuk mengetik, keyboard virtual di BlackBerry 10 akan memprediksi kata berikutnya yang mungkin akan Anda ketik. Kata-kata prediksi itu disebut word suggestions. Ia akan muncul di atas tombol huruf awal kata prediksi.

Halaman:
Baca tentang


    27th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.