Pesawat Siluman Iran Hasil Rekayasa Photoshop?

Kompas.com - 21/02/2013, 08:50 WIB
EditorReza Wahyudi

Khouz News


KOMPAS.com — Memiliki jet tempur "siluman" yang tak terdeteksi radar merupakan kebanggaan bagi sebuah negara, tak terkecuali Iran yang beberapa waktu lalu merilis foto Stealth Fighter Qaher-313.

Dalam foto yang dipublikasikan oleh situs Khouz News tersebut, pesawat buatan dalam negeri Iran ini tampak sedang mengangkasa di atas pegunungan bersalju. Sekilas, tampak tak ada yang salah dengan gambar itu.

Namun, sebuah analisis oleh blogger Iran mengungkapkan hal sebaliknya: besar kemungkinan foto tersebut merupakan hasil rekayasa digital.

PetaPixel.com

Pasalnya, seperti yang dilansir oleh PetaPixel, jet tempur Qaher-313 dalam foto tampak sangat mirip dengan sebuah foto sebelumnya yang menampilkan pesawat yang sama saat acara perkenalan di Teheran, 2 Februari lalu.

Sudut pengambilan gambar, pantulan cahaya, bahkan bayangan-bayangan pesawat di antara kedua foto tampak identik.

PetaPixel.com

Soal Gunung Damavand yang dijadikan latar belakang, gambar tersebut disinyalir telah diambil dari situs penyedia foto PickyWallpapers.com.

Para pejabat Iran sendiri menyangkal tuduhan rekayasa foto tersebut, dan mengatakan bahwa semua keraguan atas terbangnya Qaher-313 di angkasa Iran sebagai "propaganda musuh".

Sebelum ini, Iran juga pernah memublikasikan sejumlah foto yang keasliannya diragukan, seperti ketika negara tersebut mengklaim berhasil mengirim monyet ke angkasa dan menciptakan pesawat tanpa awak.



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X