Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembelian Obligasi Fed Menyehatkan Fiskal AS

Kompas.com - 25/02/2013, 08:16 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dua petinggi The Federal Reserve mengatakan kebijakan pembelian aset bank sentral AS membantu menyehatkan fiskal Amerika Serikat. Ini disambut pasar modal setempat dengan kenaikan di akhir pekan lalu.

Presiden Fed Boston Eric Rosengren dan Gubernur Fed Governor Jerome Powell, seperti dikutip riset Monex Investindo Futures, di Jakarta, Senin (25/2/2013) mengatakan, pendapatan melalui pajak dan meningkatnya output sebagai dua manfaat yang dinikmati pemerintah AS dari kebijakan bank sentral tersebut.

Pejabat Fed lainnya yaitu James Bullard mengatakan, program pembelian akan terus berjalan untuk waktu lama kendati sempat memunculkan sinyal kecemasan di antara anggota Fed lainnya. Rencana belanja modal perusahaan-perusahaan AS mengalami kenaikan dan sebagian besar melebihi perkiraan Wall Street pada saat bersamaan, akhir pekan lalu. Indeks Dow Jones naik 119,95 poin (0,86 persen) ke level 14.000,57.

Kesediaan perusahaan-perusahaan untuk berbelanja kantor baru, pabrik, dan mesin, serta bertambahnya jumlah kesepakatan, menunjukkan bahwa mereka mulai bersedia membelanjakan uangnya. Hal tersebut dapat menjadi obat bagi outlook buruk untuk tingkat belanja oleh konsumen dan pemerintah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com