Kompas.com - 08/03/2013, 17:32 WIB
EditorErvan Hardoko
BEIJING, KOMPAS.com - Pemerintah China, Jumat (8/3/2013), memintah semua pihak "tenang dan menahan diri" setelah Korea Utama mengancam tak akan ragu memulai perang nuklir terkait sanksi baru PBB terhadap negeri itu.

"Pemerintah China menyerukan agar semua pihak tenang dan menahan diri serta menghidari tindakan yang bisa memicu eskalasi lebih jauh," demikian juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Hua Chunying.

"Situasi di Semenanjung Korea saat ini sangat kompleks dan sensitif dan China menyampaikan rasa prihatin," tambah Chunying.

Beijing, selama ini dikenal sebagai satu-satunya sekutu dan rekan dagang terbesar Korea Utara. China juga menjadi pemasok energi utama ke Korea Utara.

Meski demikian, China memilih mendukung sanksi baru yang lebih keras untuk Korea Utara terkait uji coba nuklirnya belum lama ini.

"Kami yakin resolusi PBB sudah sangat berimbang," papar Chunying.

"China sangat obyektif dan adil dalam memandang masalah ini dan telah memainkan peranan penting dalam diskusi masalah ini di Dewan Keamanan," ujar Chunying.

China, lanjut Chunying, selalu serius dalam mengimplementasikan semua resolusi Dewan Keamanan PBB.

Dia juga mengulangi seruan Beijing terkait digelarnya kembali pembicaraan enam negara yang melibatkan AS, kedua Korea, Jepang dan Rusia. Forum ini sudah belul sejak 2009.

Sebagai sekutu utama, bantuan China telah memungkinkan pemerintah Pyongyang tetap berdiri sejak berakhirnya perang Korea pada 1953. Dalam perang itu setidaknya 400.000 prajurit China tewas.

Dalam strategi China, Korea Utara dianggap sebagai "zona penyangga" yang mencegah 28.000 tentara AS yang ditempatkan di Korea Selatan mendekati perbatasannya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    27th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.