Kompas.com - 11/03/2013, 14:49 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

EngadgetSepatu pintar buatan Google.

KOMPAS.com — Mempunyai dana riset yang luar biasa besar membuat Google bisa berinovasi dengan "liar". Setelah mengejutkan dengan proyek kacamata pintar Google Glass, Google kembali memamerkan proyek yang cukup nyeleneh.

Perusahaan mesin pencari di internet ini memamerkan sepasang sepatu pintar. Seperti dikutip dari Engadget, Senin (11/3/2013), sepatu bikinan Google ini dapat berbicara layaknya manusia ke penggunanya.

Sepatu Google ini dapat memberi komentar atas segala kegiatan yang dilakukan oleh pemakainya. Misalnya, saat penggunanya bermalas-malasan, sepatu ini langsung berteriak dan mengajak penggunanya untuk jalan-jalan atau bergerak.

Suara yang dikeluarkannya berasal dari speaker yang terdapat di bagian atas sepatu. Terdapat pula sensor gyroscope dan accelerometer yang dapat mampu mendeteksi gerakan pemakainya.

Saat diperagakan, Google menggunakan sepatu olahraga merek Adidas yang dilengkapi seperangkat mikrokontroler.

Engadget

Selain dapat mengeluarkan respons suara, sepatu ini dapat memberikan responsnya ke ponsel Android melalui Bluetooth.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Engadget

Sepatu pintar ini bagian dari proyek Art, Copy, & Code yang merupakan bagian dari divisi Google Playground.

Meski sangat menarik konsepnya, Google belum berencana memproduksi sepatu pintar ini secara massal. Juru bicara Google menyatakan kepada Cnet, sepatu pintar yang dipamerkan pada ajang SXSW di AS tersebut hanyalah sebuah eksperimen dan Google tidak akan masuk ke industri sepatu. 

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.