Kompas.com - 22/03/2013, 18:55 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

KOMPAS.com  Ketersediaan dan informasi harga BlackBerry Q10, perangkat berbasis OS BlackBerry 10 yang dilengkapi keyboard QWERTY, masih menjadi misteri. Hingga beberapa hari lalu, beredar kabar baru mengenai smartphone ini.

Seperti dilaporkan oleh Unwired Review, BlackBerry Q10 sudah bisa dipesan (pre-order) melalui dua retailer online Unlocked Mobiles dan Clove. Harganya? 530 poundsterling atau sekitar Rp 7,9 juta untuk BlackBerry Q10 versi unlocked.

BlackBerry sendiri belum merilis keterangan berapa persisnya harga resmi Q10.

Unlocked Mobiles menyebut stok BlackBerry Q10 diperkirakan mulai tersedia pada 26 April, sementara Clove menyebutkan "akhir April". Boleh jadi Inggris bakal menjadi salah satu negara pertama yang menerima smartphone ini, seperti pada saat rilis Z10 beberapa waktu lalu.

Yang perlu dicatat, harga barang-barang elektronik di Inggris rata-rata memang lebih mahal dibandingkan Indonesia disebabkan pajak yang besar. Harga BlackBerry Z10 di negara itu, misalnya, mencapai 525 pounsterling atau sekitar Rp 7,8 juta.

Jadi, ada kemungkinan harga BlackBerry Q10 tak akan berbeda jauh dari Z10 begitu mulai tersedia di Indonesia.

BlackBerry Q10 sendiri adalah jawaban BlackBerry bagi pengguna yang ingin mencicipi OS terbaru andalan perusahaan itu tapi tak ingin berpisah dengan keyboard Qwerty yang menjadi ciri khas BlackBerry sejak dulu.

Perangkat ini dilengkapi layar sentuh berukuran 3,1 inci (720 x 720), prosesor dual-core 1,5 GHz, RAM 2 GB, penyimpanan internal 16 GB, slot micro-SD, baterai 2,100 mAh, serta kamera 8 megapiksel dengan autofokus dan LED flash. Di bagian luarnya, BlackBerry Q10 menggunakan cangkang dari bahan glass weave yang diklaim lebih kuat dari plastik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.