Kompas.com - 01/04/2013, 11:13 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

KOMPAS.com - Jumlah aplikasi Android di Google Play Store memang masih belum sebanyak iOS di (Apple) App Store. Meski begitu, jumlah aplikasi Android saat ini bisa dibilang lebih dari cukup dan akan terus mendekati angka aplikasi iOS.

Sampai Maret 2013, jumlah aplikasi yang telah tersedia di Google Play Store telah menyentuh angka 700.000, angka yang sudah mendekati jumlah aplikasi berbasis iOS.

Dari ratusan ribu aplikasi yang terdapat di Google Play Store, berikut ini 10 aplikasi eksklusif untuk sistem operasi buatan Google tersebut, yang tidak tersedia untuk iPhone, dikutip dari Business Insider.

1. DeskSMS. Aplikasi ini mengizinkan penggunanya untuk mengirimkan pesan teks (SMS) dan juga gambar dari perangkat Android ke desktop PC melalui Gmail, Google Talk, dan peramban Google Chrome. Harga: Gratis.

2. WiFi Analyzer. Aplikasi tersebut akan memberikan gambar mengenai seberapa kuat jaringan WiFi di sekitar pengguna dalam bentuk grafis. Harga: Gratis.

3. Weather Bomb. Ini bukanlah aplikasi tentang ramalan cuaca yang sama pada umumnya. Weather Bomb mampu menghadirkan prediksi cuaca dengan sangat mendetil. Penjelasan mengenai prediksi tersebut akan hadir dalam bentuk grafis dan tabel yang sangat mudah untuk dibaca. Harga: Gratis.

4. Google Skymap. Saat pengguna mengarahkan smartphone ke langit malam, aplikasi ini mampu memberi informasi mengenai rasi bintang, planet, dan bintang. Harga: Gratis.

5. BetterBatteryStats. Aplikasi ini mampu menganalisis semua aplikasi yang bekerja di smartphone. Hasil analisisnya, aplikasi tersebut akan memberi tahu aplikasi mana yang menyedot daya baterai paling banyak. Harga: 2.89 dollar AS.

6. APP Lock. Dengan menggunakan aplikasi ini, pengguna dapat melindungi aplikasi lain yang terinstal di smartphone Android dengan menggunakan kata sandi. Harga: Gratis.

7. SwiftKey 3. Aplikasi tersebut mampu membantu pengguna mengetik dengan lebih akurat. SwiftKey mampu memberikan prediksi dan koreksi dari setiap kata yang diketik. Harga: 3.99 dollar AS.

8. Tasker. Aplikasi yang satu ini mengizinkan pengguna untuk melakukan tweak terhadap beberapa fitur spesifik ponsel, seperti menyalakan lampu flash apabila ada pesan yang masuk. Tasker sendiri menyediakan lebih dari 200 perintah. Harga: 6.49 dollar AS.

9. Friday. Aplikasi yang membantu mengingatkan kegiatan yang sudah pernah dilakukan. Friday juga mengizinkan pengguna untuk berbagi dan mencatat aktifitas favorit yang sudah dilakukan sepanjang hari. Harga: Gratis.

10. Robin. Penantang Siri yang sebenarnya. Aplikasi ini sudah hadir sebelum Google Now dirilis. Pengguna dapat mencari arah, tempat lokal, informasi lalu lintas, dan masih banyak lagi, hanya dengan menggunakan suara. Harga: Gratis. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.