Kompas.com - 02/04/2013, 15:26 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

(J Castro/sxc.hu)

Penulis: Eko Nugroho*

KOMPAS.com - Adalah sulit untuk menciptakan sebuah game yang akan disukai oleh semua orang, tetapi pada diri tiap orang akan selalu ada minimal satu game yang mereka sukai. Lalu apa yang harus menjadi fokus utama dalam proses mendesain sebuah game agar kemudian game yang kita hasilkan bisa diterima dan disukai?

Anda, kita, sang pemain adalah elemen terpenting dari sebuah game dan yang harus menjadi fokus utama setiap game designer.  Inti dari proses game design adalah menemukan komposisi tantangan yang tepat agar setiap pemain bisa mengekpresikan (kreativitas) dirinya ketika berusaha menyelesaikan tantangan-tantangan tersebut. Ketika sebuah game mampu memberi tantangan yang sesuai bagi target pemainnya maka sebuah game pasti akan mudah diterima dan disukai oleh target pemain tersebut.

Mengenali karakter target pemain menjadi hal yang pertama harus kita lakukan dalam sebuah proses game design. Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh Professor Richard Bartle setiap pemain bisa dikelompokkan ke dalam 4 tipe karakter berikut:

  • Achievers adalah karakter pemain yang selalu coba menaklukkan tantangan apapun demi pencapaian terbaik
  • Explorers adalah karakter pemain yang bersemangat menjelajah  area baru, mencoba hal baru, dan menemukan berbagai kombinasi baru.
  • Socialisers adalah karakter pemain yang begitu tertarik untuk selalu mendengar dan membangun hubungan dengan orang lain.
  • Killers adalah karakter pemain yang senantiasa rajin menemukan cara kreatif untuk menggangu atau menghambat pemain lain.


Seorang game designer kemudian harus mampu menghadirkan game yang tepat untuk berbagai karakter pemain yang menjadi target utamanya.  Hal ini sedemikian pentingnya sehingga kemampuan mengenali karakter pemain menjadi salah satu kemampuan yang harus selalu diasah dan ditingkatkan oleh seorang game designer.

Dengan kata lain seorang game designer harus selalu mengasah kemampuan empatinya. Ketika sebuah game didesain secara tepat sesuai dengan karakter dari target pemainnya maka game tersebut bisa dipastikan akan bisa dinikmati dan disukai.

Ketika kita telah mampu mengenali karakter dari target pemain kita, hal tersebut tidak merubah fakta bahwa sulit untuk menciptakan sebuah game yang akan disukai oleh semua semua orang. Oleh karena itu sepertinya akan lebih mudah dan lebih menyenangkan jika kita berusaha menciptakan sebanyak mungkin game, sehingga setiap orang kemudian bisa lebih mudah menemukan game yang mereka sukai.

Jika kita bisa konsisten melakukannya bersama-sama, satu hari nanti bukanlah hal yang tidak mungkin Indonesia menjadi pusat industri game dunia.

 

 *Eko Nugroho adalah Game designer/Co-Founder Kummara. Kolom Gamify akan membahas persoalan game design dan hal-hal terkait gamification. Pertanyaan dan diskusi mengenai game design bisa dilakukan melalui akun @enugroho.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.