Apple Ingin Patenkan iPhone "Melengkung"

Kompas.com - 03/04/2013, 08:23 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat
huffingtonpost.com

KOMPAS.com — Layar lebar dengan fitur layar sentuh (touchscreen)? Ah, itu sudah biasa. Bagaimana dengan layar yang membungkus hampir seluruh permukaan perangkat smartphone?

Konsep inilah yang hendak dipatenkan oleh Apple. Keuntungannya adalah memperbesar area pandang (viewing area) dan meniadakan kebutuhan akan tombol fisik.

Seperti terlihat dalam gambar, konsep perangkat masa depan rekaan Apple tersebut menggunakan teknologi display yang ditanam secara melengkung ke tubuh smartphone sehingga "membungkus" sebagian besar permukaan, termasuk bagian pinggir.

Dengan cara ini, tombol fisik pun bisa digantikan oleh "tombol virtual" berupa ikon yang ditampilkan di layar.

Menurut keterangan dalam dokumen pengajuan paten, dengan "membungkus" komponen-komponen internal di dalam layar, fungsionalitas perangkat konsep itu bisa ditingkatkan sehingga "melebihi satu permukaan".

Desain ini pun menghilangkan bingkai atau bezel yang biasanya mengelilingi layar smartphone dan sedikit mengurangi ukuran display.

Sebelumnya, Samsung, rival berat Apple, sudah mendemonstrasikan teknologi layar melengkung yang bisa diaplikasikan untuk smartphone konsep tersebut. Apple pun telah mematenkan teknologi serupa, yaitu layar kaca yang bisa dibengkokkan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.