Yuk, Jajal BlackBerry 10 di Android dan iPhone

Kompas.com - 04/04/2013, 12:11 WIB
EditorReza Wahyudi
KOMPAS IMAGES/RODERICK ADRIAN MOZES Model menunjukkan smartphone BlackBerry Z10 yang diluncurkan di Ballroom Hotel Ritz Carlton, Pacific Place, Jakarta, Senin (4/3/2013).

KOMPAS.com - Sistem operasi BlackBerry 10 memperkenalkan sejumlah hal baru ke dunia gadget mobile, seperti interface yang sepenuhnya mengandalkan gestur sapuan jari tanpa bantuan tombol fisik.

Nah, pengguna iPhone dan perangkat Android yang penasaran ingin menjajal OS anyar BlackBerry tersebut kini tak harus benar-benar memiliki atau meminjam BlackBerry Z10 milik teman.

Sebagaimana dilaporkan oleh Cnet, cukup dengan mengarahkan peramban mobile ke alamat http://blackberry.com/glimpse, pengguna dua platform rival BlackBerry tersebut bisa merasakan seperti apa rasanya bernavigasi menggunakan berbagai gerakan jari di BlackBerry 10 melalui serangkaian panduan gestur.

Panduan ini termasuk cara menggunakan BlackBerry Hub, mengetik dengan Predictive Keyboard, "ngobrol" melalui BBM video dan Screen Share, serta menjepret foto dengan fitur Timeshift. 

screenshot oleh oik yusuf/ kompas.com

Untuk melakukan semua hal itu, pengguna tinggal mengikuti petunjuk berupa panah dan titik hijau yang menginformasikan jenis gerakan jari yang harus dilakukan untuk melakukan aksi tertentu.

Tutorial ini tidak berjalan semulus interface BlackBerry Z10 yang sebenarnya, tapi paling tidak pengguna iPhone dan Android kini bisa sedikit "mencicipi" platform baru andalan Blackberry tersebut.

BlackBerry 10 sendiri sebelumnya sempat disebut menggerogoti pangsa pengguna kedua platform itu. Hampir separuh pengguna BlackBerry Z10 datang dari kalangan pemilik perangkat iPhone dan Android.

Bahasan lebih lengkap mengenai "wajah baru" BlackBerry 10 bisa dibaca di tautan ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.