Kompas.com - 06/04/2013, 16:37 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

KOMPAS.com - BlackBerry Z10 sudah beredar selama beberapa waktu dan akan segera disusul oleh BlackBerry Q10 yang mengusung keyboard QWERTY. Namun, kedua perangkat ini masuk kategori high-end yang berarti harganya pun mahal.

Untuk memperluas adopsi BlackBerry 10, BlackBerry membutuhkan smartphone yang bisa dijangkau kebanyakan konsumen. Nah, bocoran-bocoran awal perangkat tersebut telah mulai beredar di internet.

Seperti dikutip dari Phone Arena, perangkat yang agaknya memiliki kode nama "R10" ini terlihat dilengkapi dengan keyboard fisik. "R10" kemungkinan bakal menduduki posisi entry level pada lini smartphone BlackBerry 10, sama seperti seri Curve pada platform sebelumnya.

blackberry-R10
(Gambar: BlackBerryOs.com)

Harga perangkat ini disinyalir berada pada kisaran 300-400 dollar AS atau sekitar 3 hingga 4 juta rupiah. Belum banyak yang diketahui tentang spesifikasi hardware yang tertanam di dalamnya, kecuali baterai 1800 mAh dan kapasitas memori on-board 8GB yang bisa diekspansi dengan slot micro-SD.

Entah "R10" akan diberi nama lain atau tidak. Yang jelas, menurut bocoran roadmap BlackBerry yang juga bocor belakangan ini, BlackBerry memang berencana merilis R10 sekitar akhir tahun 2013 atau awal 2014.

Selagi menunggu kedatangan smartphone BlackBerry 10 versi murah ini, perusahaan yang bersangkutan juga akan mengandalkan perangkat-perangkat BlackBerry 7 yang lebih lawas untuk menarget pengguna entry-level di sejumlah negara seperti Indonesia. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

theverge1_560
(Gambar: TheVerge.com)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.