Kompas.com - 25/06/2013, 10:27 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
Samsung Ativ Q

KOMPAS.com — Samsung dikabarkan akan menutup divisi bisnis desktop PC tradisional. Keputusan ini diambil akibat "kiamat PC".

Istilah "kiamat PC" dipakai untuk menggambarkan menurunnya pangsa pasar PC yang tergerus keberadaan smartphone dan perangkat tablet.

Menurut laporan harian Korea Times, Samsung nantinya akan mengalihkan sumber daya mereka ke perangkat yang lebih "populer". Perusahaan asal Korea Selatan ini akan "menumpuk" tim pengembang teknologi dan riset untuk perangkat tablet dan produk PC yang lebih modern, seperti all-in-one laptop.

Mundurnya Samsung dari bisnis desktop PC tradisional boleh jadi mengikuti anjuran dari Pemerintah Korea. Dikabarkan pemerintah kepada pihak Samsung baru-baru ini menyatakan, bisnis desktop PC merupakan "industri yang cocok untuk perusahaan yang lebih kecil" dari tahun 2015 mendatang.

Pasar desktop PC sendiri sebenarnya memang sedang menurun drastis. Dikutip dari The Next Web, Selasa (25/6/2013), pengiriman PC di kuartal 1 2013 jauh menurun jika dibandingkan kuartal yang sama tahun sebelumnya. Menurut IDC, pada kuartal tersebut, total ada 76,3 juta PC yang dikapalkan, turun 13,9 persen dari kuartal yang sama pada 2012.

Pada saat yang bersamaan, pasaran tablet meningkat tajam. IDC mengungkapkan, peningkatan produk jenis ini mencapai 142,5 persen secara per tahun di kuartal pertama 2013. Samsung sendiri mencetak peningkatan yang cukup signifikan di industri tablet, yaitu sekitar 17,9 persen.

Meskipun begitu, vendor lain tampaknya masih akan bertahan di industri PC tradisional. Asus, di ajang Computex 2013, mengumumkan berbagai lini baru desktop PC yang dilengkapi generasi prosesor Intel terbaru, Haswell.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Vendor asal China, Lenovo, masih memiliki lini produk desktop PC yang sangat lengkap, dari "Essential" untuk produk dengan harga terjangkau; "ThinkCentre" untuk kepentingan bisnis; dan "IdeaCentre" untuk kepentingan hiburan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.