Janji PlayBook Diingkari Bos BlackBerry

Kompas.com - 02/07/2013, 08:23 WIB
BlackBerry PlayBook BlackBerryBlackBerry PlayBook
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com — Usai peluncuran BlackBerry 10 Januari lalu, CEO BlackBerry Thorsten Heins mengatakan pihaknya berencana memberi dukungan sistem operasi BlackBerry 10 untuk tablet BlackBerry PlayBook.

Namun, ketika mengumumkan laporan keuangan kuartal pertama 2013, Jumat (28/6/2013) lalu, Heins justru menampik kata-katanya sendiri dengan menjelaskan bahwa PlayBook tak bakal mendapat update BlackBerry 10.

Seperti dikutip dari Mashable, Heins tak memberi penjelasan lebih lanjut tentang keputusan tersebut. Yang jelas, penjualan tablet PlayBook memang tidak memuaskan.

"Saya membuat keputusan yang sulit untuk menghentikan upaya pengembangan (PlayBook) dan memilih untuk fokus pada produk-produk inti kami," ujar Heins setelah mengumumkan laporan keuangan.

Produk-produk inti yang dimaksud Heins adalah ponsel pintar berbasis BlackBerry 10 dan layanan BlackBerry Enterprise Service 10. Heins menyebut perusahaannya bakal fokus pada dua produk unggulan itu untuk mengukuhkan platform BlackBerry 10 di pasar global.

Tak pernah jaya

BlackBerry tidak secara resmi mengakhiri produksi PlayBook. Namun, menarik dukungan BlackBerry 10 untuk PlayBook sama saja dengan membunuh produk yang sudah terseok-seok di pasaran itu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pengiriman PlayBook pada kuartal pertama 2013 dilaporkan hanya 100.000 unit. Pada akhir 2011, tablet 7 inci dengan sistem operasi QNX tersebut hanya terkirim 200.000 unit atau meleset 300.000 unit dari perkiraan.

Tidak dijelaskan berapa persisnya jumlah tablet PlayBook yang benar-benar terjual karena BlackBerry hanya memberikan angka pengiriman.

PlayBook boleh dibilang tak pernah mencicipi kejayaan. Sempat digadang-gadang sebagai pesaing iPad, tablet yang diluncurkan pada April 2011 tersebut sudah dirundung masalah bahkan sebelum masuk ke pasaran.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.