BlackBerry Lawas Terganggu, BlackBerry 10 Lancar

Kompas.com - 03/07/2013, 17:09 WIB
BlackBerry Q10 dan BlackBerry Bold 7970 Aditya Panji/KompasTeknoBlackBerry Q10 dan BlackBerry Bold 7970
Penulis Aditya Panji
|
EditorReza Wahyudi

JAKARTA, KOMPAS.com — Gangguan layanan Blackberry yang terjadi pada Rabu (3/7/2013) ternyata hanya menimpa pengguna ponsel bersistem operasi Blackberry OS versi 5, 6, atau 7. Sementara ponsel bersistem operasi Blackberry 10 tidak mengalami gangguan.

Beberapa juru bicara operator seluler di Indonesia membenarkan hal tersebut. "Pengguna Blackberry 10 hari ini tidak mengalami gangguan," kata Henry Wijayanto, Manager Public Relations Corporate Communications XL Axiata.

Hal senada juga diamini Head of Corporate Communications Axis Anita Avianty.

Meski pihak Blackberry Indonesia belum mengonfirmasi soal penyebab gangguan, beberapa pengamat memprediksi gangguan ini berasal dari Blackberry Internet Service (BIS) yang merupakan jalur khusus koneksi internet ponsel Blackberry OS.

Division Head Data Services Indosat Sharif Mahfoedz mengatakan, semua komunikasi yang berhubungan dengan internet dari Blackberry OS harus melewati jaringan dan server BIS, termasuk Blackberry Messenger (BBM), e-mail, berselancar internet, sampai jejaring sosial.

"Sementara ponsel Blackberry 10 tidak lagi memakai BIS. Dia menggunakan jalur internet normal, yang juga dipakai smartphone pada umumnya," terang Sharif ketika dihubungi KompasTekno.

Ya, ponsel Blackberry 10 tidak lagi menggunakan jalur khusus BIS. Hal inilah yang membuat perangkat Z10 dan Q10 tidak mengalami gangguan pada hari ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Inilah salah satu keuntungan lepasnya BIS dalam platform Blackberry. Selain itu, perangkat Blackberry 10 dapat mengakses internet lebih cepat karena tak ada teknik kompresi volume data saat pengguna berselancar internet.

Meski tak ada BIS di Blackberry 10, perusahaan asal Kanada ini mengklaim masih menggunakan enkripsi tingkat tinggi untuk menjaga keamanan dan kerahasiaan pengguna.

Ikuti perkembangan berita ini di topik:
Gangguan Layanan Internet

Baca tentang


    Rekomendasi untuk anda
    25th

    Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X