Kompas.com - 15/07/2013, 13:15 WIB
Ilustrasi www.tech-thoughts.netIlustrasi
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Memasuki kuartal kedua tahun ini, pasar PC tercatat kembali mengalami penurunan. Lembaga riset Gartner mengungkapkan bahwa terdapat penurunan year-over-year sebesar 10,9 persen. Penurunan dua digit ini bukan pertama kali terjadi.

Menurut data Gartner, sebanyak 76 juta unit PC dikapalkan di seluruh dunia pada kuartal kedua 2013. Produsen PC yang paling terkena imbas dari kian lesunya pasar PC tersebut adalah Acer dan Asus.

Acer mencatat penurunan angka shipment sebesar 35,5 persen sementara Asus 20,5 persen.

Urutan teratas pasar PC masih diduduki oleh Lenovo dengan pangsa 16,7 persen. Akan tetapi, bahkan produsen terbesar asal China ini pun mengalami penurunan 0,6 persen.

Gadget mobile kembali dituding sebagai biang keladi penurunan pasar PC. "Kami melihat bahwa turunnya pasar PC berhubungan langsung dengan jumlah unit yang telah beredar. Tablet murah menggeser PC low-end untuk kegiatan konsumsi konten," ujar kepala analis Gartner Mikako Kitagawa, seperti dikutip oleh The Inquirer.

Menurut dia, tablet murah telah menjadi pilihan utama untuk konsumen di negara-negara berkembang sehingga menghambat penjualan PC. "Ini juga menyebabkan matinya pasar notebook kecil."

Gartner juga menyebutkan bahwa peluncuran prosesor Intel Core Generasi ke-4 (Haswell) juga berkontribusi terhadap penurunan karena para vendor harus memotong angka pengkapalan untuk memberi ruang bagi perangkat-perangkat yang mengusung prosesor baru tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Di sisi lain, Gartner mengatakan bahwa pengguna laptop turut beralih ke tablet. Jika ini benar, maka boleh jadi Haswell tidak akan berbuat banyak untuk mendongkrak penjualan PC, meskipun angka pengkapalan bisa naik karena vendor berusaha menstimulasi permintaan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.