Apple Ingin Samsung Kembali pada 2015

Kompas.com - 15/07/2013, 15:38 WIB
iPad, iPad mini, dan iPhone. iPad, iPad mini, dan iPhone.
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com — Apple tampaknya tidak akan bisa melepas ketergantungannya terhadap perusahaan pesaing utamanya, Samsung. Dari sebuah laporan, diketahui bahwa Apple dan Samsung telah mencapai kata sepakat terkait produksi prosesor seri Ax.

Adalah media massa The Korea Economic Daily yang melaporkan hal tersebut untuk pertama kalinya. Menurut harian itu, seperti dikutip dari Mac Rumors, Senin (15/7/2013), Apple dan Samsung akan bekerja sama, membuat prosesor untuk perangkat berbasis iOS, seperti iPhone dan iPad.

Secara spesifik, prosesor yang dimaksud adalah seri A9 yang memiliki proses fabrikasi 14 nanometer. Samsung sendiri baru akan mulai memproduksi prosesor ini untuk Apple pada tahun 2015 mendatang.

Laporan tersebut muncul beberapa saat setelah ada laporan lain yang menyatakan, Apple sudah mulai berhenti membeli prosesor dari Samsung. Kabarnya, Apple telah menunjuk produsen lain asal Taiwan, Taiwan Semiconductor Manufacturing (TSMC), untuk produksi prosesor seri Ax 20 nanometer.

"Samsung Electronics telah memasok AP (prosesor) kepada Apple sejak 2007, tetapi 'menyerahkan' kontrak untuk memasok chip A8 20 nano kepada produsen asal Taiwan, TSMC, tahun lalu karena sedang terlibat dalam sengketa paten dengan Apple," tulis media tersebut.

"Samsung Electronics mengembangkan model 14 nano yang lebih baik dari rival TSMC sehingga kembali mendapatkan pesanan dari Apple," lanjut harian ini.

Dari laporan sebelumnya, TSMC dikabarkan akan memulai produksi chip bagi Apple mulai tahun 2014 mendatang.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Negosiasi antara Apple dan TSMC sendiri sebenarnya sudah berjalan cukup lama, yaitu mulai 2010 lalu. Namun, kedua belah pihak, dalam 3 tahun negosiasinya, tidak berhasil menemukan kata sepakat. Hal tersebut dikarenakan pihak TSMC saat itu belum bisa memenuhi permintaan spesifikasi kecepatan dan daya chip dari Apple.



Sumber Mac Rumors
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X