iPhone Akan Dibekali Sensor Sidik Jari, Ini Buktinya

Kompas.com - 30/07/2013, 11:34 WIB
Apple iPhone 5 AppleApple iPhone 5
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com — Rumor mengenai iPhone generasi terbaru yang akan dipersenjatai sensor pengenal sidik jari tampaknya benar adanya. Seorang pengembang aplikasi bernama Hamaz Sood berhasil menemukan kemungkinan tersebut.

Developer ini berhasil menemukan sebuah folder dalam iOS 7 versi beta 4 yang berisikan beberapa baris kode pemrograman terkait dengan fitur pindai biometrik.

Kode tersebut, seperti dikutip dari The Verge, Selasa (30/7/2013), merupakan bagian dari proses set up untuk sensor tersebut. Kode pemrograman ini mendeskripsikan pengguna menyentuhkan jempol tangan mereka ke tombol Home iPhone dan gambar dari sidik jari yang berubah warna jika sidik jari tepat.

The Verge
Kode sidik jari pada iOS 7
Rumor seputar sensor sidik jari yang bakal dipakai Apple untuk iPhone sebelumnya sudah pernah tersiar pada 2012. Kala itu Apple baru menyelesaikan akuisisi Aunthentec, sebuah perusahaan yang membuat sensor sidik jari untuk perangkat mobile.

Hal inilah yang memunculkan spekulasi perangkat mobile Apple yang baru bakal memiliki sensor tersebut. Nantinya, jika kabar ini benar, Apple bisa memanfaatkan sensor sidik jari untuk mengaktifkan dan membuka ponsel.

Rumor lainnya menyebutkan, iPhone baru nanti akan dilengkapi dengan lampu dual flash LED, baterai yang sedikit lebih besar, dan kamera dengan fitur kecepatan tinggi.

Belum ada informasi kapan Apple akan merilis iPhone baru. Namun, kabarnya mereka akan meluncurkannya pada pertengahan September 2013.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Sumber The Verge
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.