Iklan Facebook Dijual Rp 10,3 Miliar?

Kompas.com - 01/08/2013, 08:08 WIB
Facebook KAREN BLEIER / AFPFacebook
Penulis Aditya Panji
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com — Facebook makin gencar membuka lapak iklan di layanannya. Kabar terbaru menyebutkan, News Feed di Facebook akan menampilkan iklan video 15 detik bergaya televisi dengan harga 1 juta sampai 2,5 juta dollar AS per hari.

Harga iklan ini sangat tinggi yang diharapkan bisa mendongkrak pendapatan Facebook. Jika dikonversi ke rupiah, harga iklan itu adalah Rp 10,3 miliar sampai Rp 20,5 miliar per hari.

Media bisnis Bloomberg melaporkan, Facebook mulai memperkenalkan layanan iklan terbarunya itu pada akhir 2013. Hal ini dikhawatirkan mengancam pendapatan iklan stasiun-stasiun televisi.

Pendapatan Facebook selama ini paling besar disumbang dari iklan. Pada kuartal dua tahun 2013, jejaring sosial internet terbesar ini membukukan pendapatan sebesar 1.813 miliar dollar AS, dengan laba bersih sebesar 333 juta dollar AS. Kontribusi terbesarnya berasal dari iklan, yakni sebesar 88 persen.

Keuntungan Facebook dari iklan di kuartal ini mencapai 1,6 miliar dollar AS atau naik 61 persen dari periode yang sama tahun 2012.

Perusahaan menyatakan 41 persen dari jumlah tersebut atau 656 juta dollar AS dihasilkan berkat iklan di perangkat mobile. Ini berarti, pendapatan iklan mobile Facebook tumbuh 30 persen dari kuartal pertama tahun 2013.

Total pengguna Facebook pada Juni 2013 mencapai 1,15 miliar pengguna aktif bulanan, 819 juta di antaranya menggunakan ponsel, dan 699 juta adalah pengguna aktif harian.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Bloomberg
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X