Jelang Lebaran, Axis Urungkan Migrasi 3G

Kompas.com - 01/08/2013, 10:09 WIB
Aditya Panji/KompasTekno
Penulis Aditya Panji
|
EditorReza Wahyudi

JAKARTA, KOMPAS.com - Operator seluler Axis urungkan niat melakukan migrasi kanal 3G ke blok 11 dan 12 menjelang momen Lebaran 2013 yang biasanya mengalami trafik seluler padat. Untuk mengantisipasi hal itu, Axis mengembalikan kanal 3G-nya ke blok 2 dan 3 di frekuensi 2,100MHz.

Saat momen Lebaran nanti, Chief Technology Officer Axis, Michael McPhail memprediksi, trafik layanan BlackBerry akan naik 20 persen, SMS 20 persen, dan data (internet) mencapai 40 persen. Perusahaan mengklaim telah meningkatkan kapasitas untuk melayani peningkatan trafik itu, selama 7 hari sebelum dan 7 hari setelah Hari Raya Idul Fitri.

“Axis juga telah mengembalikan kembali jaringan kami dari blok 11 dan 12 ke blok 2 dan 3 segera setelah kendala interferensi yang menimpa sebagian besar jaringan Axis pada akhir minggu lalu," ujar McPhail dalam siaran pers yang diterima KompasTekno, Rabu (31/7/2013).

Pada pertengahan Juli lalu, Axis melakukan migrasi 3G di wilayah di Jabodetabek, Banten, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Yogyakarta, Bali, dan Nusa Tenggara. Namun, upaya migrasi itu mengalami kegagalan karena ada interferensi dari sinyal Smart Telecom yang berjalan di frekuensi 1.900MHz.

Hal ini berdampak buruk pada layanan Axis sehingga banyak pelanggan yang mengeluh lewat customer service. "Kami saat ini sedang berkoordinasi dengan pemerintah agar kejadian seperti ini tidak terjadi lagi,” lanjut McPhail.

Interferensi terjadi karena perbedaan teknologi Personal Communication System (PCS) 1900 yang digunakan pada jaringan CDMA Smart Telecom, dan teknologi Universal Mobile Telecommunication System (UMTS) yang dipakai lima operator GSM, yakni Telkomsel, XL Axiata, Indosat, Tri, dan Axis.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.