Kompas.com - 04/08/2013, 12:40 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com — Android 4.1 dan 4.2, yang termasuk dalam kode nama Jelly Bean, terus menegaskan diri sebagai versi Android yang paling dominan digunakan. Hal ini dibuktikan melalui statistik pemakai Android yang diperbarui Google pada 1 Agustus 2013 di situs resmi pengembang aplikasi Android.

Jelly Bean kini mendominasi pangsa pasar Android dengan 40,5 persen. Rinciannya, Android 4.1 masih digunakan paling banyak dengan 34 persen dan Android 4.2 mendapat porsi jauh lebih sedikit dengan 6,5 persen.

Nilai tersebut, seperti dikutip dari BGR, Minggu (4/8/2013), melambangkan peningkatan sebesar 34 persen dibandingkan bulan sebelumnya, di mana Android Jelly Bean mendapatkan pangsa pasar sebesar 37,9 persen.

Pangsa pasar Android versi 2.3 Gingerbread mulai menunjukkan tren penurunan. Apabila pada Juni 2013 terdapat 34,1 persen kini Android yang berjalan dengan Gingerbread mendapatkan pangsa pasar sebesar 33,1 persen.

Posisi ketiga ditempati oleh Android versi 4.0 Ice Cream Sandwich, yang menurun jadi 22,5 persen.

Google
Pangsa pasar Android periode Juli 2013.
Angka-angka tersebut dilacak Google dari kunjungan pengguna Android ke toko aplikasi online Google Play Store.

Google tampak melambat dalam merilis versi terbaru dari sistem operasi mobile-nya. Dalam satu tahun belakangan ini saja, perusahaan raksasa internet ini baru merilis satu versi Android Jelly Bean.

Android versi pendahulunya biasanya dirilis hanya berselang beberapa kemudian.

Google diharapkan merilis Android versi terbaru, 5.0 Key Lime Pie, pada tahun 2014 mendatang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber BGR
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.