Kompas.com - 06/08/2013, 11:32 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat
Bagian speaker akan terlihat lebih sederhana.

KOMPAS.com — Kabar tentang smartphone murah Apple, "iPhone 5C", terus bergulir. Salah satu informasi terbaru menyebutkan bahwa ponsel pintar ini kemungkinan bakal dilengkapi dengan kamera yang sama dengan milik iPhone 5.

Seperti dikutip dari TechRadar, resolusi kamera iPhone 5C dipatok di angka 8 megapiksel, lebih besar dari yang sebelumnya disebutkan, yaitu 5 megapiksel.

Gambar bocoran unit kamera untuk iPhone murah ini pun sudah beredar di internet lewat situs teknologi China IT168. Komponen tersebut dibuat oleh Sony untuk Apple.

mobile.it168.com Kamera 8 MP yang disinyalir merupakan milik iPhone 5C. Kamera ini kabarnya sama dengan komponen sejenis milik iPhone 5

Apabila kabar ini ternyata benar, maka boleh jadi iPhone 5C bisa menjepret sebagus iPhone 5, tetapi dengan harga yang lebih murah.

Jika iPhone murah dipersenjatai kamera 8 megapiksel, lalu apa yang akan diusung oleh model iPhone high-end baru?

Perangkat premium ini disinyalir akan dibekali unit kamera 12 megapiksel untuk bersaing dengan produk-produk andalan kompetitor. Contohnya seperti Samsung yang melengkapi Galaxy S4 dengan kamera 13 megapiksel. Lalu ada juga HTC yang mengandalkan kamera Ultrapixel untuk perangkat flagship HTC One.

Harga plastik

Bersama informasi soal kamera ini, datang pula kabar soal kemungkinan harga iPhone 5C. Karena dibuat dari plastik, diperkirakan ponsel ini bisa dibanderol lebih murah daripada saudaranya yang menggunakan cangkang aluminium.

Berdasarkan kalkulasi PhoneArena, ongkos produksi iPhone 5C diperkirakan sebesar 180 dollar AS atau sekitar Rp 1,8 juta. Sementara itu menurut data iHS iSuppli, produksi iPhone 5 membutuhkan biaya 199 dollar AS atau sekitar Rp 2 juta.

Nah, dari sini bisa diestimasi bahwa iPhone 5C kemungkinan bakal diecer dengan harga antara 350 dan 450 dollar AS, dibandingkan harga iPhone 5 sebesar 650 dollar AS.

Benarkah demikian? Jawaban dari pertanyaan itu boleh jadi akan diketahui dalam waktu dekat. Pada 18 September mendatang, Apple dikabarkan bakal memperkenalkan iPhone 5C dan iPhone 5S secara resmi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber TechRadar
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.