Google Ditinggal Pelopor "Hashtag"

Kompas.com - 06/08/2013, 12:45 WIB
Chris Messina AllThingsD.comChris Messina
Penulis Aditya Panji
|
EditorWicak Hidayat
Chris Messina
KOMPAS.com — Chris Messina, seseorang yang dikenal memelopori pemakaian simbol "#" alias hashtag (tanda pagar atau tagar) di media sosial, memutuskan hengkang dari Google setelah bekerja selama tiga setengah tahun lebih.

Messina bergabung di Google pada 2009 sebagai Developer Relations Lead Google Buzz, sebuah layanan jejaring sosial Google yang berumur pendek. Beberapa tahun terakhir ini, ia bergabung dengan tim Google+ untuk urusan user experience (UX), termasuk mendesain tombol +1 (semacam interaksi Like di Facebook).

Meskipun namanya tidak terlalu dikenal, Messina punya sumbangsih untuk media sosial internet. Seperti dikutip dari AllThingsD, Messina jadi pelopor pemakaian hashtag sejak Agustus 2007.

Simbol hashtag kemudian digunakan oleh banyak media sosial untuk memberi tanda atas topik atau peristiwa yang sedang dibicarakan.

Dalam publikasi di blog pribadinya, Messina mengatakan, selanjutnya ia akan bekerja sebagai head of community and growth di sebuah perusahaan rintisan NeonMob yang berbasis di San Francisco, Amerika Serikat. Meski karyawan di perusahaan ini hanya 6 orang, Messina mengaku tertarik dengan produk NeonMob yang fokus pada produk seni digital.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.