8 Perangkat Inovatif yang "Mengubah Dunia"

Kompas.com - 13/08/2013, 12:03 WIB
Teknologi gerak Kinect merupakan buatan dari perusahaan asal Israel, Primesense MicrosoftTeknologi gerak Kinect merupakan buatan dari perusahaan asal Israel, Primesense
Penulis Deliusno
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com — Perkembangan teknologi telah menghasilkan puluhan ribu perangkat inovatif. Dari semuanya itu, tentunya ada beberapa perangkat yang menduduki posisi teratas sebagai penemuan yang terinovatif.

Produk-produk tersebut tidak hanya berkaitan dengan dunia komputer, tetapi juga dunia otomotif.

Dari sekian banyak produk yang ada, berikut beberapa perangkat yang dianggap sebagai produk terinovatif, seperti dikutip dari Business Insider.

1. Walkman, senjata andalan untuk mendengarkan musik di mana saja

Walkman merupakan gadget mainstream pertama yang diperkenalkan pada tahun 1979 atau 1980 di beberapa wilayah tertentu. Dengan menggunakan perangkat ini, pengguna bisa mendengarkan musik di mana saja, termasuk saat berolahraga atau di dalam mobil. Walkman menggunakan media kaset berpita.

Produk ini disebut inovatif karena membuat para penggunanya mampu menikmati musik di mana saja, bahkan 30 tahun sebelum hadirnya perangkat pemutar file multimedia buatan Apple, iPod.

2. Kinect, membuat standar baru dalam bermain "game" konsol

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Microsoft merilis Kinect sebagai aksesori konsol game Xbox 360 pada November 2010 yang lalu. Aksesoris ini begitu laris di pasaran karena memperkenalkan cara bermain yang baru. Pengguna sudah tidak perlu lagi menggunakan controller untuk bermain. Sebagai gantinya, semua anggota tubuh pemain dapat digunakan untuk bermain game.

Sebelum Kinect dirilis, memang ada konsol buatan Nintendo, Wii, yang menawarkan konsep permainan menggunakan gerak tubuh. Namun, konsol tersebut tetap menggunakan controller untuk permainan.

Kinect disebut inovatif karena menawarkan berbagai hal baru, bahkan di luar kepentingan gaming sendiri, di masa yang akan datang. Bayangkan apabila pengguna bisa mengubah saluran TV hanya dengan menggunakan gerakan tangan atau suara.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.