Gara-gara Game, Remaja Nekat Bunuh Diri

Kompas.com - 10/09/2013, 12:51 WIB
Ilustrasi:  JITETIlustrasi:
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
Ilustrasi:

KOMPAS.com - Penipuan dalam online game ternyata bisa berujung pada kejadian bunuh diri. Contohnya seperti yang dilakukan seorang remaja asal daerah San Po Kong, Hong Kong ini.

Dilaporkan TechinAsia, remaja 18 tahun yang hanya disebutkan bernama "Chen" itu tewas setelah melompat dari atap gedung apartemen tempat tinggal keluarganya.

Aksi nekat tersebut diduga berhubungan dengan penipuan yang dialami si remaja di dunia game. Dalam sebuah catatan bunuh diri yang ditinggalkan di dalam apartemen, Chen menuturkan bahwa dirinya telah menjadi korban penipuan.

Chen rupanya membeli mata uang virtual untuk dipakai di dunia game. Transaksi sudah dilakukan, tapi, "uang" yang dibeli tak kunjung datang.

Setelah ditelusuri, ternyata tak pernah ada pengiriman sejumlah mata uang virtual yang dimaksud ke akun game online milik Chen. Dia pun sadar telah ditipu dan memilih mengakhiri hidup karena malu.

Video game, termasuk yang bersifat online alias dimainkan oleh banyak orang sekaligus melalui jaringan internet, memang seringkali dituding sebagai pemicu perilaku negatif di kalangan pemainnya.

Yang marak mengemuka adalah tindak kekerasan bersenjata yang disinyalir "terinspirasi" oleh game, seperti yang terjadi di Amerika Serikat belakangan ini.

Akan tetapi, soal efek tindak kekerasan yang dilakukan terhadap diri sendiri oleh orang lain, game tidak bisa begitu saja disalahkan karena ada faktor lain yang juga menentukan, yaitu kepribadian si pemain sendiri dan caranya menyikapi sesuatu.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X