Windows XP Masih Nomor Satu di 8 Negara

Kompas.com - 18/09/2013, 17:10 WIB
Logo booting Windows XP MicrosoftLogo booting Windows XP
Penulis Oik Yusuf
|
EditorAditya Panji
Logo booting Windows XP

KOMPAS.com — Kendati hampir berumur 12 tahun, sistem operasi Windows XP saat ini masih banyak digunakan di seluruh dunia. Bahkan, menurut data dari StatCounter yang dikutip Neowin, OS lawas tersebut tetap menguasai pasaran sistem operasi di delapan negara.

Kedelapan negara tersebut adalah China di mana Windows XP menguasai pangsa sistem operasi sebesar 54,79 persen, lalu Maroko (44,66 persen), Kuba (52,93 persen), Kepulauan Cook (72,14 persen), Kepulauan Norfolk (70,18 persen), Korea Utara (61,47 persen), Eritrea (58,25 persen), dan Vietnam (44,33 persen).

StatCounter mengambil data dari 3 juta situs web di seluruh dunia yang tergabung dalam jaringannya berdasarkan jumlah unique page view. Data tentang pangsa pasar sistem operasi kali ini diperoleh pada periode Agustus-September 2013.

StatCounter
Grafik penguasaan pasar global Windows XP

Negara terbesar yang kini penduduknya masih getol dengan Windows XP adalah China, kemungkinan karena sistem operasi tersebut banyak dibajak di sana. Pada Januari 2011 lalu, CEO Microsoft Steve Ballmer sempat mengatakan bahwa sembilan dari sepuluh kopi Windows XP yang beredar merupakan versi ilegal.

Hal lain yang juga mengejutkan dari temuan StatCounter adalah, negara tertutup seperti Korea Utara ternyata juga memiliki persentase pengguna Windows XP yang tinggi.

Bagaimana dengan Indonesia? StatCounter mengatakan bahwa Windows XP saat ini masih menguasai 37,07 persen pasaran OS Tanah Air. Sistem operasi tersebut masih memiliki market share global sebesar 20,58 persen, kedua terbesar setelah Windows yang menguasai 51,96 persen.

Padahal, pada 8 April 2014 mendatang, Microsoft akan menghentikan semua bentuk dukungan terhadap Windows XP, termasuk segala macam patch dan update keamanan sehingga membuat OS itu rentan terhadap serangan cyber.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Sumber Neowin

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.