Kompas.com - 28/10/2013, 11:05 WIB
Samsung Justin Sullivan/Getty Images/AFPSamsung
Penulis Deliusno
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Samsung terus membuktikan diri sebagai perusahaan raksasa elektronik dunia. Perusahaan asal Korea Selatan ini berhasil membukukan rekor laba per kuartal tertinggi sepanjang sejarah laporan keuangan perusahaan.

Dalam laporan keuangan kuartal III, Jumat (25/10/2013), laba bersih Samsung naik menjadi 8,05 triliun Won Korea Selatan (atau sekitar 7,6 miliar dollar AS) dalam periode 3 bulan yang berakhir pada 30 September lalu. Laba bersih ini naik 25 persen dibandingkan kuartal yang sama pada tahun 2012, di mana Samsung mencatat laba sebesar 6,42 triliun Won.

Divisi mobile masih menjadi penyumbang pendapatan terbesar bagi Samsung. Dua per tiga pendapatannya berasal dari divisi ini. Seperti dikutip dari Cnet, laba operasi divisi mobile Samsung meningkat hingga 6,7 triliun Won (atau sekitar 6,3 miliar dollar AS), naik dari 5,63 triliun Won pada tahun sebelumnya.

Permintaan smartphone kelas atas Samsung diketahui sedikit menurun di kuartal ini. Pendapatan Samsung dari divisi mobile dikatakan banyak dibantu oleh penjualan perangkat yang lebih murah di negara berkembang, seperti China, Amerika Selatan, dan Eropa Timur.

Divisi Samsung lainnya yang menghasilkan banyak uang bagi Samsung adalah semikonduktor. Divisi tersebut menyumbang laba operasi sebesar 2,06 triliun Won (atau sekitar 1,93 miliar dollar AS), dua kali lebih besar dari pendapatan tahun lalu. Ini merupakan pendapatan terbesar yang didapat dari divisi semikonduktor sejak tiga tahun lalu.

Secara total, Samsung mendapatkan pendapatan sebesar 59,1 triliun Won (atau sekitar 55,5 miliar dollar AS) pada kuartal III ini. Dari pendapatan ini, Samsung mencatat laba operasi sebesar 10,2 triliun Won (atau sekitar 9,6 miliar dollar AS), meningkat 26 persen dari kuartal yang sama tahun lalu, dan 7 persen dari kuartal II tahun 2013.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Sumber CNET

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X