Prosesor Galaxy S5 "Susul" iPhone 5S?

Kompas.com - 29/10/2013, 07:34 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat
Ilustrasi

KOMPAS.com — Akhir September lalu, Samsung menerangkan soal detail teknis prosesor mobile 64-bit buatannya. Kini muncul kabar bahwa chip tersebut bakal segera memasuki tahapan produksi massal.

Hal tersebut diungkapkan oleh Phone Arena, mengutip pernyataan Samsung pada konferensi pers laporan keuangan per kuartal perusahaan itu.

Disebutkan bahwa begitu sejumlah "persiapan teknis" selesai dilakukan, chip 64-bit itu sudah akan mulai diproduksi pada kuartal ini.

Karena itu, boleh jadi chip tersebut akan datang tepat waktu untuk memperkuat ponsel pintar Galaxy S5 yang bakal meluncur tahun depan.

Jika benar demikian, Galaxy S5 akan "menyusul" iPhone 5S yang telah menggunakan prosesor 64-bit.

Chip ini kemungkinan akan dipasangkan dengan memori DDR4 yang juga sedang disiapkan oleh Samsung.

Prosesor Exynos 64-bit mengusung delapan buah core ARM Cortex-A50 Series. Inti prosesor ini dibangun dengan arsitektur 64-bit ARMv8 yang juga dipakai pada chip Apple A7 di iPhone 5S.

Adapun Galaxy S5 merupakan ponsel flagship generasi berikutnya dari Samsung. Kemunculan ponsel ini kabarnya dipercepat menjadi Januari 2014, dengan peluncuran pada akhir bulan berikutnya karena tekanan dari kompetitor.

Di samping chip 64-bit, Galaxy S5 disinyalir juga akan mengusung fitur lain berupa kamera dengan optical image stabilization dan cangkang dari bahan logam.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.