Rumah Steve Jobs Dijadikan Situs Historis

Kompas.com - 31/10/2013, 09:33 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
Rumah di Los Altos tempat Steve Jobs dan Setve Wozniak membangun Apple yang dijadikan situs historis

KOMPAS.com — Sebuah rumah tempat pendiri Apple Steve Jobs menghabiskan masa kecilnya dinyatakan sebagai situs historis oleh komisi sejarah kota Los Altos, Senin (28/10/2013) lalu.

Rumah satu lantai yang beralamat di 2066 Crist Drive, Los Altos, California, itu juga menjadi "markas" pertama bagi Apple yang kini telah menjelma menjadi raksasa teknologi.

"Ini adalah sesuatu yang bisa dibanggakan oleh komunitas," ujar staf penghubung komisi sejarah Los Altos, Zachary Dahl, tentang rumah yang pertama kali ditinggali Jobs pada 1968 tersebut, sebagaimana dikutip oleh BBC.

Rumah yang bersangkutan kini masih dimiliki oleh Patricia Jobs yang merupakan adik perempuan dari Steve Jobs, dan kini masih ditinggali oleh ibu tiri Steve.

Christie's
Komputer Apple I yang dilelang oleh Christie's

Segala macam perubahan atau renovasi terhadap properti tersebut kini harus melalui tinjauan komisi sejarah, berkenaan dengan status barunya sebagai situs bersejarah.

Steve Jobs merakit 100 komputer Apple I bersama dengan kawannya sesama pendiri Apple, Steve Wozniak, di ruang tamu dan garasi rumah itu.

Komputer-komputer pertama bikinan perusahaannya tersebut kemudian dijual ke toko Byte Shot di Mountain View seharga 500 dollar AS per unit. Sekarang, Apple I menjadi barang antik yang bisa dijual seharga miliaran rupiah lewat balai lelang ternama.

Apple sendiri kemudian pindah ke Cupertino yang lokasinya berdekatan dan tetap berada di sana hingga kini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber BBC
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.