LG Nexus 5, Android Kitkat Pertama di Dunia

Kompas.com - 01/11/2013, 11:03 WIB
LG Nexus 5. LG Nexus 5.
Penulis Aditya Panji
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com — Setelah ramai dirumorkan, ponsel Android Nexus 5 akhirnya resmi diluncurkan oleh Google, Kamis (31/10/2013). Nexus 5 yang diproduksi oleh LG menjadi ponsel Android pertama di dunia yang mengusung sistem operasi Android 4.4 Kitkat.

LG kembali dipercaya oleh Google untuk membuat smartphone Android Nexus. Sebelumnya, LG telah merancang dan memproduksi Nexus 4, pada tahun 2012 lalu. Pada Nexus 5, LG banyak mengambil elemen desain dari salah satu smartphone Android andalannya, LG G2.

Selain yang pertama untuk Android Kitkat, LG Nexus 5 juga merupakan ponsel Nexus pertama yang menggunakan layar Full-HD dan mendukung koneksi jaringan LTE.

Nexus 5 menggunakan layar Full-HD 4,95 inci beresolusi 1.920 x 1.080 piksel dengan kerapatan piksel 445 ppi. Layarnya dilindungi oleh teknologi Gorilla Glass 3.

Meskipun memiliki layar 4,95 inci, Nexus 5 yang berbobot 130 gram ini tidak terlihat bongsor. Ini semua berkat ukuran bezel yang sangat tipis.

Dari sisi hardware, smartphone ini ditenagai prosesor quad-core 2,3 GHz Qualcomm Snapdragon 800, chip grafis Adreno 330 450 MHz, dan RAM sebesar 2 GB.

Kamera belakang 8 MP dengan fitur Optical Image Stabilization bersama kamera depan 1,3 MP menjadi andalan Nexus 5 untuk urusan foto dan video. Fitur baru dari sisi kamera adalah mode HDR+, yang berguna saat pengguna mengambil banyak foto dalam satu waktu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Urusan fitur konektivitas jaringan, Nexus 5 yang dipasangi baterai sebesar 2.300 mAH ini mendukung WiFi A/C, NFC, Bluetooth 4.0 LE, dan LTE (band: 1/3/5/7/8/20). Selain itu, Nexus 5 juga memiliki fitur wireless charging.

Google Nexus 5 akan tersedia dalam dua varian storage, 16 GB yang dibanderol sebesar 349 dollar AS dan 32 GB yang akan dijual dengan harga 399 dollar AS.

Negara-negara pertama yang bisa membeli Nexus 5 adalah Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Australia, Perancis, Jerman, Spanyol, Italia, Korea Selatan, dan Jepang.

Belum ada informasi kapan Nexus 5 akan tersedia di Indonesia. Seperti Nexus 4, kemungkinan Nexus 5 baru hadir di Tanah Air pada Desember tahun ini atau awal tahun depan.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.