Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Kembali Jadi Perusahaan Termahal

Kompas.com - 09/11/2013, 20:41 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber Forbes

KOMPAS.com — Apple bukanlah pendatang baru di antara perusahaan-perusahaan bernilai tinggi. Nama pembuat iPhone dan iPad itu pun kembali bercokol di urutan teratas daftar merek paling bernilai di dunia menurut majalah Forbes.

Ini merupakan ketiga kalinya Apple duduk di posisi tersebut. Akhir September lalu, Apple juga menempati tempat paling atas. Akan tetapi, urutan perusahaan-perusahaan lain dalam daftar tersebut telah berubah.

Google kini tak lagi berada di urutan kedua. Tempatnya diambil alih oleh Microsoft yang memiliki nilai merek sebesar 56,7 miliar dollar AS. Di bawahnya terdapat perusahaan minuman Coca-cola yang masih bertahan di posisi ketiga dengan nilai 54,9 miliar dollar AS.

Forbes Daftar sepuluh besar brand paling bernilai di dunia dari Forbes

Coca-cola sekaligus menjadi satu-satunya merek non-teknologi yang masuk urutan lima besar. IBM menyusul di peringkat empat, diikuti Google, McDonalds, dan General Electric (GE). Intel menempati posisi ke delapan, Samsung dan Louis Vuitton masing-masing ada di peringkat sembilan dan sepuluh.

Nilai merek Apple yang mencapai kisaran 104,3 miliar dollar AS tidak hanya mendudukannya di tempat teratas, tetapi juga hampir dua kali lebih besar dibandingkan perusahaan lain yang ada dalam daftar.

Kendati masih terpaut beberapa posisi, saingan besar Apple, Samsung, tercatat mengalami pertumbuhan tahunan terbesar di antara 100 perusahaan paling bernilai, yaitu mencapai 53 persen dengan nilai 29,5 miliar dollar AS tahun ini. Dalam tiga tahun terakhir, nilai merek Samsung tumbuh 136 persen.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com