Apple Kembali Jadi Perusahaan Termahal

Kompas.com - 09/11/2013, 20:41 WIB
Apple Aditya Panji/KOMPAS.comApple
Penulis Oik Yusuf
|
EditorAditya Panji

KOMPAS.com — Apple bukanlah pendatang baru di antara perusahaan-perusahaan bernilai tinggi. Nama pembuat iPhone dan iPad itu pun kembali bercokol di urutan teratas daftar merek paling bernilai di dunia menurut majalah Forbes.

Ini merupakan ketiga kalinya Apple duduk di posisi tersebut. Akhir September lalu, Apple juga menempati tempat paling atas. Akan tetapi, urutan perusahaan-perusahaan lain dalam daftar tersebut telah berubah.

Google kini tak lagi berada di urutan kedua. Tempatnya diambil alih oleh Microsoft yang memiliki nilai merek sebesar 56,7 miliar dollar AS. Di bawahnya terdapat perusahaan minuman Coca-cola yang masih bertahan di posisi ketiga dengan nilai 54,9 miliar dollar AS.

Forbes Daftar sepuluh besar brand paling bernilai di dunia dari Forbes

Coca-cola sekaligus menjadi satu-satunya merek non-teknologi yang masuk urutan lima besar. IBM menyusul di peringkat empat, diikuti Google, McDonalds, dan General Electric (GE). Intel menempati posisi ke delapan, Samsung dan Louis Vuitton masing-masing ada di peringkat sembilan dan sepuluh.

Nilai merek Apple yang mencapai kisaran 104,3 miliar dollar AS tidak hanya mendudukannya di tempat teratas, tetapi juga hampir dua kali lebih besar dibandingkan perusahaan lain yang ada dalam daftar.

Kendati masih terpaut beberapa posisi, saingan besar Apple, Samsung, tercatat mengalami pertumbuhan tahunan terbesar di antara 100 perusahaan paling bernilai, yaitu mencapai 53 persen dengan nilai 29,5 miliar dollar AS tahun ini. Dalam tiga tahun terakhir, nilai merek Samsung tumbuh 136 persen.  



Sumber Forbes
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X