Tantang Android, Tizen "Dikeroyok" 36 Perusahaan

Kompas.com - 13/11/2013, 13:55 WIB
Tizen TizenTalk.comTizen
Penulis Aditya Panji
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Sistem operasi mobile Tizen semakin mendapat banyak dukungan dari perusahaan teknologi besar. Asosiasi Tizen mengumumkan, sistem operasi tersebut kini menjalin kemitraan dengan 36 perusahaan yang telah berjanji untuk memperluas dukungan OS.

Perusahaan yang diketahui mendukung Tizen antara lain eBay, Konami, McAfee, Panasonic, Fujitsu, Huawei, The Weather Channel, dan ada pula dari industri operator seluler, yaitu NTT DoCoMo, Orange, Vodafone, Sprint, serta dua operator Korea Selatan, SK Telecom dan KT. Daftar lengkapnya akan diumumkan kemudian.

Tizen merupakan proyek sistem operasi mobile bersifat terbuka (open source) yang dibangun di atas inti program (kernel) Linux. Pihak-pihak yang terlibat langsung dalam pengembangan Tizen adalah Samsung, Intel, dan Linux Foundation sejak pertengahan 2012.

Dukungan perusahaan teknologi besar terhadap Tizen menunjukan potensi besar Tizen untuk bersaing dengan sistem operasi mobile yang ada saat ini, terutama Android yang juga dibangun dengan kernel Linux. Saat ini, Tizen sudah mencapai tahap pengembangan versi 2.2.1.

Trevor Cornwell dari perusahaan pengembang aplikasi Appbackr, mengatakan kepada The Verge, Tizen bukan hanya bisa digunakan untuk tablet dan ponsel saja, tapi ia juga dirancang untuk televisi pintar, netbook, hingga kamera digital.

Samsung telah membuat kamera NX300 yang menjalankan sistem operasi Tizen.

Samsung serius mengembangkan Tizen agar tak selamanya bergantung pada Android yang dikembangkan oleh Google. Perusahaan Korea Selatan ini berjanji bakal merilis beberapa tipe perangkat lagi yang menjalankan Tizen pada 2013 ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X