Kompas.com - 25/11/2013, 21:22 WIB
Maskot Android KitKat Dokumentasi Sundar Pichai, kepala produk Android dan Chrome, via Google Maskot Android KitKat
|
EditorAditya Panji
KOMPAS.com - Android dan Windows memiliki ekosistem yang berbeda. Selama ini Windows lebih unggul di ranah PC dan notebook, sementara Android di segmen mobile. Mungkinkah Android menyaingi Windows di segmen PC?
 
Jika ada yang meragukan Android bisa menyaingi Windows, maka kini saatnya menghapus keraguan tersebut, karena Intel berniat menjadikan sistem operasi Android setara dengan Windows.
 
Hal tersebut disampaikan oleh Kirk Skaugen, General Manager PC Client Group Intel. Skaugen berbicara dalam pertemuan dengan investor pada Kamis (21/11/2013).
 
Dikutip dari CNet, Skaugen mengatakan bahwa dalam satu dekade belakangan ini, fokus Intel untuk pasar PC adalah Microsoft. "Namun kami mulai melihat peluang di emerging market, permintaan Android sangat tinggi." imbuh Skaugen.
 
Menurutnya, banyak aplikasi Android yang dibuat untuk smartphone, atau dalam modus portrait. Beberapa di antaranya tidak tersedia di modus landscape, sehingga pengguna tidak bisa memakainya di perangkat berlayar lebar, seperti notebook atau PC all-in-one.
 
"Karena itu kami ingin Android tersedia dalam 64-bit," terang Skaugen. Intel ingin Android bisa berjalan mulai dengan prosesor low end Atom, hingga keluarga Core yang high-end. Skaugen mengatakan Intel ingin menyajikan Android di layar yang lebih lebar, dan mendukung multi-window. Namun demikian, Intel belum berencana untuk membawa Android ke PC kelas enterprise.
 
Mungkinkah tak lama lagi kita bakal melihat PC, notebook, dan PC All-in-One yang mengususng sistem operasi Android?
 
Sekedar catatan, saat ini Dell memiliki perangkat tablet Venue 8 yang ditenagai oleh prosesor Intel Atom dan berjalan dengan Android 4.2.2 (Jelly Bean).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber CNET
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.